Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:56 WIB | Jumat, 01 April 2016

Lomba Menulis Surat untuk Ibu

Ilustrasi: Pengumuman lomba menulis Surat untuk Ibu, diselenggarakan Universitas Kristen Petra Surabaya. (Foto : petra.ac.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Apa arti sosok seorang ibu bagimu, dan bagaimana memaknai keberadaan ibu, adalah inti dari lomba menulis "Surat untuk Ibu". Lomba diselenggarakan Perpustakaan Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya, dalam rangka ulang tahun kota ke-723 Surabaya, pada tanggal 31 Mei 2016. 

Peserta akan dibagi dalam kategori dari SD, SMP, SMA. Setiap peserta mengirim satu surat maksimal 450 kata, dan tiap kategori yang menang, akan mendapat piala dan uang tunai. Hadiah yang disediakan bagi kategori SD (1 - 3) Rp 1.000.000, Rp 750.000, Rp 500.000. Hadiah dabgi pemenang kategori SMP (1 - 3), Rp 1.500.000, Rp 1.000.000, Rp 750.000. Hadiah untuk kategori SMA (1 - 3), Rp 2.000.000, Rp 1.500.000, Rp 1.000.000. 

Naskah dikirim melalui email ke surabayamemorial@g.mail.com , dan dikirim selambat-lambatnya tanggal 16 April 2016, seperti dikutip darii petra.ac.id.

Lomba menulis "Surat untuk Ibu" itu, disesuaikan dengan tema kegiatan Perpustakaan UK Petra yang diusung tahun ini dalam memeriahkan ulang tahun Surabaya, yaitu "Perempuan Surabaya Jejak dan Karyanya bagi Keluarga dan Masyarakat". Selain lomba juga akan ada pameran foto dan workshop, serta aneka lomba lain, antara lain Lomba Presentasi PAUD, Lomba Membuat Dinding 2 Dimensi, Lomba Presentasi dalam Bahasa Surabaya, Lomba Membuat Alat Peraga Edukatif, Sosialisasi Makanan Tradisional Sehat, Talk Show Memaknai Hidup. Kegiatan akan dipusatkan di Mall Grand City Surabaya.

Untuk pameran foto, akan dipamerkan foto-foto perempuan berprestasi di Surabaya.

Selain itu, seperti dikemukakan Dian Wulandari, Kepala Perpustakaan UK Petra Surabaya yang dihubungi satuharapan.com pada  Jumat (1/4), Perpustakaan UK Petra melalui "Surabaya Memory" memamerkan foto koleksi berupa foto Surabaya dari masa ke masa. Pameran Memory Surabaya sudah dilakukan sejak tahun 2006.

Juga akan dipamerkan karya cipta berupa karya seni dan cipta mahasiswa dari berbagai program studi di Universita Kristen Petra, antara lain, Prodi Desain Komunikasi Visual dan Interior Arsitektur.

"Surabaya Memory" Universitas Kristen Petra Surabaya, adalah kegiatan perpustakaan universitas tersebut untuk mendokumentasikan perekaman dan pelestarian pusaka (heritage) Kota Surabaya, yang dikumpulkan dari berbagai kalangan, antara lain kolektor foto, pelukis.

Aktivitas itu dilakukan dengan tujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian pusaka Kota Surabaya melalui media maya (online) dan media fisik (onsite). Selama ini Surabaya Memory secara konsisten melakukan pameran dan kegiatan di berbagai mal di Surabaya, pada event ulang tahun Kota Surabaya yang berlangsung pada bulan Mei.

“Pameran ini untuk mengedukasi masyarakat untuk selalu melestarikan warisan budaya kota melalui foto,” kata Dian. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home