Loading...
BUDAYA
Penulis: Equivalent Pangasi 10:02 WIB | Senin, 28 April 2014

Maestro Biola Idris Sardi Tutup Usia

Idris Sardi. (Foto: wikipedia.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dunia musik Indonesia kembali dirundung duka karena kehilangan maestro biola, Idris Sardi yang tutup usia pagi ini, Senin (28/4) pukul 07:25 WIB.

Berita duka tersebut salah satunya disampaikan oleh presenter Steny Agustaf dalam akun Twitter miliknya.

“Telah wafat maestro terbaik Indonesia tadi pagi 7.25 di RS Meilia, Cibubur. Semoga Tuhan memberi tempat terbaik. Turut berduka @lukmansardi,” kata Steny seraya mengungkapkan dukacitanya kepada salah satu anak Idris Sardi, Lukman Sardi.

Idris Sardi meninggal akibat sakit lambung dan liver yang dideritanya sejak tahun 2013. Maestro kelahiran 7 Juni 1938 itu sempat berada dalam kondisi kritis saat dirawat di RS Meilia, Cibubur, Jakarta Timur sebelum mengembuskan nafas terakhirnya.

Jenazah Idris Sardi akan disemayamkan di Rumah Kreatif, Bumi Cimanggis Indah Blok B1 No. 9, Jalan Pengapuran, Cimanggis, Jawa Barat.

Luman Sardi mengatakan jenazah ayahnya tersebut akan dikebumikan di TPU Menteng Pulo, Jalan Casablanca sekitar pukul 16.00 WIB.

Idris Sardi merupakan anak pemain biola orkes RRI Studi Jakarta, M. Sardi, yang lahir di Jakarta pada tanggal 7 Juni 1938.

Ia pertama kali mengenal biola pada usia enam tahun. Berkat kepiawaiannya, pada usia sepuluh tahun dia sudah mendapat sambutan hangat pada pemunculannya yang pertama di Yogyakarta pada tahun 1949. 

Ketika ayahnya, M. Sardi, meninggal dunia pada tahun 1953, Idris dalam usia 16 tahun harus menggantikan kedudukan sang ayah sebagai violis pertama dari Orkes RRI Studio Jakarta pimpinan Saiful Bahri.

Di dunia film, almarhum dikenal sebagai komponis dan ilustrator musik bertangan dingin sehingga beberapa kali mendapat anugerah Piala Citra untuk kategori Penata Musik Terbaik untuk beberapa film, yakni Pengantin Remaja (1971), Perkawinan (1973), Cinta Pertama (1974), dan Doea Tanda Mata (1985).

Idris Sardi adalah ayah dari pemain film Santi Sardi dan aktor muda Indonesia Lukman Sardi dari pernikahannya dengan Zerlita.

Setelah perceraiannya dengan Marini, perkawinannya yang ketiga adalah dengan Ratih Putri.

Sardi mempunyai seorang murid yang telah sukses menjadi violis perempuan papan atas Indonesia, yaitu Maylaffayza Wiguna.

(Ant/Wikipedia)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home