Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 21:23 WIB | Senin, 28 April 2014

Mitos di Dunia Seputar Gerhana Matahari

Gerhana matahari cincin. (Foto: AFP)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Serigala langit Viking, anjing api Korea, dan berbagai versi Afrika rekonsiliasi langit—adalah beberapa dari banyak cara orang di seluruh dunia, selama berabad-abad, untuk menjelaskan gerhana matahari. Di Indonesia ada legenda raksasa Kala Rahu Menelan Bulan.

Di Jogja dan wilayah timur Indonesia besok, Selasa (29/4) akan menikmati gerhana matahari cincin.

“Jika Anda melakukan survei di seluruh dunia cerita gerhana, tema yang terus-menerus muncul, dengan beberapa pengecualian, adalah selalu gangguan dari tatanan mapan,” kata EC Krupp, direktur Observatorium Griffith di Los Angeles, California beberapa waktu lalu. Tema itu muncul pada legenda yang berkaitan dengan gerhana matahari maupun bulan.

“Orang-orang tergantung pada pergerakan matahari,” kata Krupp. “Hal yang reguler serta diandalkan membuat Anda tidak bisa mengutak-atiknya. Dan kemudian, tiba-tiba, tragedi tiba. Matahari dan bulan melakukan sesuatu di luar kebiasaan.”

Gangguan itu tergantung pada budaya, dan tidak semua orang memandang gerhana sebagai hal yang buruk, kata Jarita Holbrook, seorang astronom budaya di Universitas Western Cape di Bellville, Afrika Selatan.

Beberapa melihatnya sebagai waktu yang menakutkan, sementara yang lain melihat gerhana matahari sebagai bagian dari tatanan alam yang patut kita hormati, atau sebagai waktu untuk refleksi dan rekonsiliasi.

Menelan Api

Banyak budaya menjelaskan gerhana, baik matahari dan bulan, sebagai waktu ketika setan atau hewan mengonsumsi matahari atau bulan, kata Krupp.

“Orang Viking melihat sepasang serigala langit mengejar matahari atau bulan,” kata astronom Griffith Observatory itu. Ketika salah satu dari serigala menangkap salah satu bola bersinar, gerhana akan terjadi.

“Di Vietnam, kodok atau katak [makan] bulan atau matahari,” tambah Krupp, sementara orang-orang dari suku Kwakiutl di pantai barat Kanada percaya bahwa mulut surga makan matahari atau bulan selama gerhana. Bahkan, kata awal untuk gerhana dalam bahasa Tiongkok, shih, berarti “makan,” katanya.

Sihir Gerhana

Dalam rangka memerangi para pelahap ini, orang-orang di banyak kebudayaan membuat kebisingan dalam rangka untuk menakut-nakuti setan atau hewan pergi, kata Nancy Maryboy, Indigenous Education Institute on San Juan Island, Washington. Dia saat ini bekerja dengan NASA untuk membawa astronomi adat ke dalam kesadaran mainstream.

Orang-orang memukul-mukul panci dan wajan atau memainkan drum untuk mengusir  apa pun yang menelan matahari atau bulan, jelasnya.

Pencurian Benda Langit

Mitos lain mengisahkan penipuan dan pencurian untuk menjelaskan hilangnya matahari selama gerhana. Gerhana mitologi Korea melibatkan anjing api yang berusaha mencuri matahari atau bulan, kata Krupp.

Atas perintah dari raja, serigala jadi-jadian berusaha menangkap matahari yang berapi-api atau bulan dingin. Mereka selalu gagal, tapi setiap kali mereka menggigit salah satu bola itu, hasilnya adalah gerhana.

Salah satu cerita lebih berwarna menurut Krupp melibatkan setan berdasarkan agama Hindu, Rahu, yang menyamar sebagai dewa untuk mencuri obat mujarab yang memberikan keabadian. Matahari dan bulan melihat apa Rahu lakukan, dan mereka melaporkan kejahatan kepada dewa Wisnu.

“Wisnu menggorok leher Rahu sebelum obat tersebut dapat meluncur melewati tenggorokannya,” kata Krupp. Akibatnya, kepala Rahu itu ternyata abadi, namun tubuhnya mati.

Kepala iblis terus bergerak melalui langit, mengejar matahari dan bulan dengan penuh kebencian. “Sesekali ia menangkap mereka dan menelan mereka,” jelas Krupp. Tapi, karena Rahu tidak memiliki tenggorokan, matahari dan jatuhnya bulan dari bagian bawah kepalanya.

Alam dan Rekonsiliasi

“Mitos favorit saya adalah dari orang-orang Batammaliba di Togo dan Benin di Afrika,” kata Holbrook.

Dalam mitos ini, matahari dan bulan berjuang selama gerhana, katanya. Orang-orang “mendorong matahari dan bulan untuk menghentikan pertempuran.”

“Mereka melihatnya sebagai waktu datang bersama-sama dan menyelesaikan permusuhan lama dan kemarahan,” kata Holbrook. “Ini adalah mitos yang telah diselenggarakan sampai hari ini.”

Sebuah tradisi Navajo tentang gerhana juga telah bertahan sampai hari ini, catatan Maryboy.

The Navajo menganggap tatanan kosmik alam semesta sebagai semua tentang keseimbangan, katanya. “Sesuatu seperti gerhana hanyalah bagian dari hukum alam. Anda berhenti sejenak untuk mengakui bahwa waktu yang khusus, [dan] Anda merefleksikan tatanan kosmik.”

Maryboy menjelaskan bahwa beberapa Navajo masih mengamati tradisi yang berhubungan dengan gerhana dengan tetap dalam dengan keluarga mereka, menyanyikan lagu khusus, dan menahan diri dari makan, minum, atau tidur.

Anda juga tidak seharusnya melihat langsung gerhana, ia menambahkan. “Mereka mengatakan jika Anda melihat matahari selama gerhana, itu akan memengaruhi mata Anda nanti.” Seseorang yang melihat matahari terbenam tidak seimbang dengan alam semesta, yang menyebabkan masalah di jalan. Hal yang sama berlaku untuk makan dan minum selama waktu ini.

Kesalahpahaman Modern

Sebagai direktur Observatorium Griffith, Krupp telah mendengar sebagian kesalahpahaman dan ketakutan tentang gerhana.

Mungkin salah satu yang lebih gigih, menurut Krupp, adalah bahwa ada bahaya untuk wanita hamil dan anak-anak mereka yang belum lahir selama gerhana.

“Tampaknya tidak masuk akal,” katanya, tetapi mereka bisa mendapatkan puluhan panggilan telepon untuk menanyakan tentang hal itu.

Kesalahpahaman lain adalah bahwa orang tidak dapat melihat matahari ketika itu benar-benar tertutup selama gerhana total. Kedua Krupp dan Holbrook menyebutkan bahwa tentu orang tidak harus melihat langsung ke matahari. Melakukan hal itu dapat menyebabkan kerusakan mata. Tetapi jika matahari benar-benar tertutup, itu tidak apa-apa dilihat, kata Holbrook. “Saat itulah Anda harus berada di luar sana mengalami hal itu,” tambahnya.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa, meskipun Anda tahu itu hanya bulan bergerak di depan matahari,” kata Holbrook. “Itulah mengapa ada pemburu gerhana. Gerhana tentu sesuatu Krupp pengalaman sesering dia bisa. “Aku sudah menikmati 13 gerhana total sejauh ini,” katanya.

“Mereka kesempatan untuk melihat alam semesta bekerja,” Krupp menjelaskan. Ini “tata surya melakukan hal yang tepat di depan mata Anda, dan itu menyenangkan dalam dan pribadi.”

Gerhana matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya. Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan dan hanya terjadi pada saat fase purnama.

Pada 2014 ini diprediksi terjadi empat kali gerhana, yaitu:

1. Gerhana Bulan Total 15 April 2014. Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sumatera. Gerhana ini dapat diamati juga dari Afrika bagian Barat, Eropa bagian Barat, Samudra Atlantik, Amerika, Samudra Pasifik, Asia Timur, dan Filipina.

2. Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014. Gerhana tersebut dapat diamati dari wilayah Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan, Bali dan Nusa Tenggara berupa gerhana matahari sebagian. Selain dari Indonesia, gerhana ini dapat diamati juga dari Australia, Samudra Hindia bagian Selatan, dan Antartika.

3. Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014. Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia. Gerhana ini dapat diamati juga dari Amerika, Samudra Pasifik, Australia dan Asia kecuali Asia Barat.

4. Gerhana Matahari Sebagian 23 Oktober 2014. Gerhana tersebut tidak dapat dilihat dari wilayah Indonesia. Gerhana dapat dilihat di Amerika Utara dan Samudra Pasifik bagian utara.

Salah satu tupoksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah adalah memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu, termasuk di dalamnya adalah informasi Gerhana Bulan dan Matahari. Pada bulan April BMKG ini menyampaikan informasi Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014.

Proses Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014

Gerhana Matahari Cincin terjadi pada saat ujung bayangan umbra Bulan tidak sampai ke permukaan Bumi. Konsekuensinya akan ada bayangan umbra tambahan (disebut antumbra) yang mengenai permukaan Bumi. Di lokasi yang terkena antumbra ini, saat puncak gerhana ini terjadi Matahari akan terlihat seperti sebuah cincin. Keadaan ini terjadi saat bagian tengah piringan Matahari tertutup oleh piringan Bulan, sementara di bagian tepinya tidak tertutupi. Adapun di lokasi yang terkena penumbra, gerhana yang teramati adalah berupa Gerhana Matahari Sebagian. Pada saat puncak gerhana, piringan Matahari yang terlihat tidaklah utuh karena di bagian tertentu pinggirnya tertutupi oleh piringan Bulan. (bpbd.jakarta.go.id/nationalgeographic.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home