Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:48 WIB | Jumat, 19 Januari 2024

Candy, Mahasiswi UK Maranatha Raih Juara Kompetisi Pengenalan Budaya Tionghoa

Foto: dok. Candy

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Candy (2344004), mahasiswi Program Sarjana Sastra China berhasil meraih Juara II pada kompetisi Content Creator Pengenalan Budaya Tionghoa.

Content Creator Pengenalan Budaya Tionghoa merupakan perlombaan membuat konten terkait bangunan, makanan berbasis tumbuhan, atau budaya Tionghoa lainnya dengan semenarik mungkin dan menggunakan subtitle atau voice over.

Candy mengikuti gelaran DAAI Mandarin Competition 2023, pada 15-30 November 2023 secara online. Kompetisi dilanjutkan secara on-site pada 2 Desember 2023 di DAAI TV Jakarta.

Perlombaan tersebut dibagi dalam tiga tahapan. Tahap pertama, pengumpulan video via Google Formulir. Kedua, mengunggah video ke media sosial Instagram. Tahap akhir, yaitu pengumuman pemenang.

Budaya Tionghoa yang diangkat adalah makanan khas Tionghoa berbasis tumbuhan atau vegan food. Candy tertarik terhadap konten ini karena menyukai kuliner dan terinspirasi dari video kuliner pada aplikasi TikTok. 

“Saya sering melihat konten kreator di TikTok mengenai makanan dan penasaran bagaimana mereka membuat konten. Jadi, sekalian saya ikut lomba ini untuk membuat pengalaman baru,” ujarnya dikutip Jumat (19/1).

Candy mengungkapkan bahwa ia memiliki ketertarikan dalam membuat konten video dan memiliki skill yang cukup untuk mengikuti lomba tersebut sehingga sangat menikmati setiap proses yang dilalui pada kompetisi ini.

Dalam proses pembutan video, Candy juga menghadapi beberapa kendala, terutama dalam proses editing pada alur konten agar video dapat menarik dan tidak membosankan. Namun, dengan dukungan dari dosen pembimbing, Yohan Yusuf Arifin, B.A., M.His., ia dapat menyelesaikan karya dengan baik.

“Beliau membantu saya dalam pemilihan topik, pembuatan konsep, dan pembuatan naskah,” tuturnya.

Candy menambahkan, “Saya harap ini adalah awal dari perjalanan saya dalam memenangkan lebih banyak lomba selama berkuliah di Maranatha. Kemudian, bagi mahasiswa UK Maranatha, jangan takut untuk ikut lomba, coba dulu saja, tidak menang juga tidak masalah karena pengalamannya sangat berharga."

"Semangat untuk yang sedang berkompetisi. Semoga semakin banyak mahasiswa yang bisa mengharumkan nama UK Maranatha," kata Candy.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home