Loading...
SAINS
Penulis: Melki 03:57 WIB | Jumat, 22 Desember 2023

Tim Dorpendo UK Maranatha Raih Juara HaXathon Competition 2023

Foto: dok. Vincent Jonathan

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Tim Dorpendo, beranggotakan Vincent Jonathan (2122010) dan Roshan Gobin (2322007), mahasiswa Program Sarjana Teknik Elektro Universitas Kristen Maranatha berhasil meraih Juara II dalam HaXathon Competition 2023.

HaXathon Competition adalah ajang kompetisi berjenis hackathon yang bertemakan internet of things.

Pada kompetisi ini peserta lomba dipacu untuk menyelesaikan sebuah kasus sesuai dengan jangka waktu yang telah diberikan.

Tim Dorpendo mengangkat sebuah tantangan dalam membuat system control dam atau waduk.

Lomba ini dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan final. Dalam tahap penyisihan dipilih enam tim terbaik dan dilanjutkan pada babak final.

Vincent menjelaskan dalam menyelesaikan tantangan system control dam ini, Tim Dorpendo diminta untuk mencari sistem dan gap yang dapat dikembangkan.

Selain itu, system control dam menerapkan arsitektur cluster pada sistem, di beberapa slave mode yang memiliki fungsi remote sensing. Melalui isu yang diangkat, Tim Dorpendo berharap system control dam yang telah dibuat dapat diterapkan secara nyata pada beberapa titik bendungan.

Vincent selaku ketua tim mengungkapkan bahwa terdapat kendala ketika lomba berlangsung, terutama sulitnya koneksi dalam menghubungkan pada cloud, tetapi hal tersebut dapat segera teratasi.

Prestasi yang dicetak oleh Tim Dorpendo dapat diraih melalui dukungan dan bimbingan dari Dr. Erwani Merry Sartika, S.T., M.T. “Ibu Merry memberikan kontribusinya pada saat kita briefing mengenai latihan programming-nya dan mendemokan cara memakai basic pakai programmer-nya,” ujar Vincent dikutip Jumat (22/12).

Vincent mengaku terkejut dapat lolos pada babak final.

“Terkejut sekali mengenai hasilnya! Saya pikir tidak akan masuk pada babak final,” ungkap Vincent.

Terkait dengan prestasinya, Vincent berharap dapat mengikuti berbagai lomba dan menjadikan prestasinya sebagai inpirasi bagi mahasiswa UK Maranatha.

“Saya berharap ke depannya dapat mengikuti lebih banyak perlombaan lain dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa di UK Maranatha,” tutup Vincent.

Sebelumnya HaXathon Competition 2023 diselenggarakan pada 27 – 28 Oktober 2023 secara offline di Grha Widya Maranatha (GWM) UK Maranatha.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home