Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:12 WIB | Selasa, 25 April 2023

Mantan Sekjen PBB, Ban Ki-moon, Kunjungi Myanmar, Tidak Bertemu Suu Kyi

Mantan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, ketika berbicara kepada wartawan selama konferensi pers di kantor Kementerian Luar Negeri di Naypyitaw, Myanmar, 30 Agustus 2016. (Foto: dok.AP/Aung Shine Oo)

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Ban Ki-Moon, melakukan kunjungan mendadak ke Myanmar yang dikuasi militer atas nama sekelompok negarawan senior yang terlibat dalam prakarsa perdamaian dan hak asasi manusia di seluruh dunia, media lokal, dan kata diplomat Korea Selatan, hari Senin (24/4).

Kedatangan Ban, wakil ketua The Elders, di ibu kota Naypyitaw diumumkan hari Minggu (23/4) malam oleh televisi pemerintah MRTV. Dikatakan dia tiba dengan delegasi kecil, dan disambut oleh wakil menteri untuk urusan pertahanan dan luar negeri.

“Kunjungan Tuan Ban Ki Moon ini benar-benar dijadwalkan oleh Para Sesepuh (The Elders). Kami tidak terlibat dalam proses ini,” kata seorang pejabat Kedutaan Besar Korea Selatan, berbicara tanpa menyebut nama, karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media. “Ini bukan kunjungan resmi. Ini mungkin kunjungan dua hari. Dia akan berangkat malam ini.”

Ban adalah mantan Sekjen PBB dan sebelumnya mantan menteri luar negeri Korea Selatan. The Elders didirikan oleh Nelson Mandela pada tahun 2007, dan sebagian besar terdiri dari pensiunan pemimpin dunia.

Para Sesepuh belum merilis rincian apapun tentang kunjungan Ban. Juru bicara pemerintah militer, Mayor Jenderal Zaw Min Tun, mengatakan kepada layanan BBC berbahasa Burma, yang ditujukan kepada khalayak Myanmar, bahwa Ban bertemu dengan pemimpin tertinggi negara itu, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, pada Senin (24/4) pagi untuk bertukar pandangan pada situasi di negara tersebut.

Ban juga bertemu dengan mantan Presiden Thein Sein dalam pertemuan terpisah, tetapi tidak bertemu dengan Aung San Suu Kyi, yang telah dipenjara sejak pemerintahan terpilihnya digulingkan oleh tentara pada Februari 2021, BBC melaporkan.

Dikatakan bahwa Ban telah meninggalkan Myanmar setelah pertemuan tersebut. Saat menjabat Sekjen PBB, Ban pernah bertemu dengan Presiden Thein Sein saat itu dan juga dengan Suu Kyi.

Tidak ada perincian yang dirilis tentang pembicaraan hari Senin, tetapi mereka tampaknya telah menangani krisis politik yang sedang berlangsung di Myanmar.

Myanmar telah dilanda kerusuhan kekerasan sejak tentara menggulingkan pemerintah terpilih Suu Kyi. Pengambilalihan itu mencegah partai Liga Nasional untuk Demokrasi Suu Kyi memulai masa jabatan kedua.

Perebutan kekuasaan oleh tentara disambut dengan oposisi publik besar-besaran, yang dihancurkan oleh pasukan keamanan dengan kekuatan mematikan dan sejak itu berubah menjadi perlawanan bersenjata yang meluas.

Upaya luar untuk memediasi perdamaian tidak berhasil, bahkan ketika datang dari pihak yang bersimpati kepada pemerintah militer seperti 10 anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Pemerintah mencela sebagian besar tekanan untuk bernegosiasi karena melanggar kedaulatan Myanmar, dan umumnya menggambarkan sebagian besar oposisi pro demokrasi sebagai teroris.

Ban memiliki sejarah panjang keterlibatan dengan Myanmar. Sekretaris jenderal PBB dari tahun 2007 hingga 2016, Ban pergi ke Myanmar untuk menekan jenderal yang berkuasa di negara itu agar membiarkan masuknya bantuan asing dan pakar tanpa hambatan mencapai korban yang selamat dari Topan Nargis pada 2008, yang menewaskan sekitar 134.000 orang. Dia mendesak militer untuk merangkul demokrasi juga.

Dia juga menghadiri konferensi perdamaian di Naypyitaw pada tahun 2016 yang berupaya mengakhiri konflik bersenjata selama puluhan tahun dengan kelompok etnis minoritas.

Dua bulan setelah pengambilalihan militer, Ban mendesak Dewan Keamanan PBB dan negara-negara Asia Tenggara untuk mengambil tindakan cepat dan tegas untuk menghentikan penumpasan yang mematikan itu. Dia kemudian mencoba melakukan kunjungan diplomatik ke Myanmar, bertujuan untuk bertemu dengan semua pihak untuk mencoba meredakan konflik dan mendorong dialog, tetapi dia diberitahu oleh otoritas Myanmar bahwa hal itu tidak cukup nyaman pada saat itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home