Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:19 WIB | Senin, 14 Juli 2014

Mantan Wapres Irak: Baghdad akan Dikuasai

Rekaman yang diduga milik mantan Wapres Irak era Presiden Saddam Hussein, Izzat Ibrahim al-Douri telah beredar (Foto: alarabiya.net/Reuters)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Mantan Wakil Presiden Irak era Presiden Saddam Hussein, Izzat Ibrahim Al-Douri merilis rekaman audio yang mengingatkan warga Irak untuk bergabung dalam usaha pembebasan Irak dan memuji milisi Sunni yang mendapat kemajuan dramatis di Irak Utara.

Rekaman berdurasi 15 menit memuat pidato bersuara serak yang diduga milik al-Douri, yang kini buron.

Rekaman itu, yang belum bisa dipastikan milik al-Douri, telah dikeluarkan di situs web milik loyalis Saddam.

“Bergabunglah dengan pemberontak yang membebaskan setengah negeri Irak”, kata suara rekaman yang diduga milik al-Douri.

“Pembebasan Baghdad akan terjadi sebentar lagi. Setiap orang harus berkontribusi, untuk menegakkan kehormatan negeri tercinta, Irak, karena tidak ada kehormatan Irak tanpa pembebasan Baghdad,” kata suara dalam rekaman itu.

Rekaman itu juga memuji milisi Sunni sebagai “pahlawan dan ksatria al-Qaeda dan Negara Islam (ISIS atau slamic State of Iraq and Syria)” dan milisi lainnya yang melawan “kolonisasi Persia” di Irak, yang merujuk pemerintahan Syiah yang dipimpin Perdana Menteri Nouri al-Maliki.

Selama tiga minggu menguasai kota Mosul di utara Irak, milisi ISIS mulai merekrut mantan pejabat militer era Presiden Saddam Hussein dan anggota Partai Baath, menurut sumber dari penduduk Mosul. (alarabiya.net)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home