Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:46 WIB | Kamis, 17 Agustus 2023

Mata Uang Rubel Jatuh, Rusia Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 12%

Dua orang berbicara di dekat papa nilai tukar mata uang di Moskow, Rusia, hari Senin (14/8). (Foto: AP/ Alexander Zemlianichenko)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Bank sentral Rusia menaikKan suku bunga yang besar pada hari Selasa (15/8), langkah darurat yang dirancang untuk melawan inflasi dan memperkuat rubel setelah mata uang negara itu mencapai nilai terendah sejak awal perang dengan Ukraina.

Rubel telah kehilangan lebih dari sepertiga nilainya sejak awal tahun karena Moskow meningkatkan pengeluaran militer dan sanksi Barat membebani pendapatannya dari pengiriman energi. Mata uang yang lesu tidak berarti ekonomi Rusia terjun bebas, meskipun menghadapi tantangan, termasuk kenaikan harga untuk rumah tangga dan bisnis, menurut analis yang mempelajari Rusia.

Nilai tukar yang lebih rendah memungkinkan Moskow mentransfer dolar yang diperolehnya dari penjualan minyak dan gas alam ke lebih banyak rubel untuk membayar pensiun dan menjalankan lembaga pemerintah. Tapi penurunan nilai terlalu jauh, dan para pejabat sekarang memperketatnya, kata para analis.

Sementara sanksi dari waktu ke waktu akan mengikis pertumbuhan ekonomi jangka panjang, rubel yang baru-baru ini melemah "tidak menyiratkan krisis ekonomi yang mendasarinya, itu tidak berarti Rusia akan jatuh dari tebing," kata Chris Weafer, CEO Macro-Advisory Partners.

Bank sentral menaikkan suku bunga utamanya 3,5 poin persentase menjadi 12% setelah mengumumkan rapat dewan direksi sehari sebelumnya karena rubel menurun.

Mata uang Rusia melewati 101 rubel ke dolar pada hari Senin (14/8), mencapai level terendah dalam hampir 17 bulan. Rubel menguat setelah pengumuman kenaikan suku bunga tetapi sejak itu menyerahkan sebagian dari kenaikan itu hingga mencapai sekitar 98 terhadap dolar.

Bank sentral mengatakan permintaan barang telah melampaui kemampuan negara untuk memperluas output, meningkatkan inflasi dan memengaruhi "dinamika nilai tukar rubel melalui peningkatan permintaan impor."

Hingga saat ini, penurunan rubel sesuai dengan pemerintah karena meningkatkan jumlah rubel untuk setiap dolar pendapatan minyak, membantu Kremlin mempertahankan pengeluaran untuk program militer dan sosial, kata Weafer.

Pemerintah dan bank sentral telah mampu mengelola penurunan rubel dengan memberi tahu eksportir energi kapan harus menukar pendapatan dolar mereka. “Ini adalah mata uang yang dikelola sepenuhnya,” kata Weafer.

Devaluasi yang disengaja itu sekarang “tampaknya berlebihan. Saya pikir ini sekarang adalah pesan dari bank sentral, pelemahan sudah direncanakan, tetapi itu berlebihan dan mereka ingin menariknya kembali,” katanya.

Sergei Guriev, rektor dan profesor ekonomi di institut studi politik Sciences Po di Paris, juga mengatakan "tidak ada bencana" meskipun ekonomi Rusia mengalami "masalah besar", seperti penurunan pendapatan minyak dan gas, modal yang melarikan diri dari negara, defisit anggaran dan rubel yang lebih lemah.

Itu "penting secara politis" bagi otoritas Rusia untuk memiliki mata uang nasional kurang dari 100 rubel terhadap dolar, jadi begitu rubel melewati ambang sensitif itu pekan ini, bank sentral mengambil tindakan, kata Guriev.

Rubel yang lebih lemah menguntungkan pemerintah tetapi juga berarti “biaya yang lebih tinggi untuk rumah tangga dan bagian tertentu dari mesin perang Rusia,” kata Guriev.

“Jika Anda perlu membeli komponen (senjata) di Iran atau menghindari sanksi melalui negara ketiga, Anda memerlukan mata uang asing,” kata Guriev. “Itu sebabnya Anda mengalami defisit anggaran.”

Kenaikan suku bunga terjadi setelah penasihat ekonomi Presiden Vladimir Putin, Maksim Oreshkin, pada hari Senin menyalahkan lemahnya rubel pada "kebijakan moneter yang longgar" dalam sebuah op-ed, mengatakan bank sentral memiliki "semua alat yang diperlukan" untuk menstabilkan situasi dan bahwa dia mengharapkan normalisasi segera.

Dengan menaikkan biaya pinjaman, bank sentral berusaha melawan lonjakan harga karena Rusia mengimpor lebih banyak dan mengekspor lebih sedikit, terutama minyak dan gas alam, dengan pembelanjaan pertahanan naik dan berlakunya sanksi. Mengimpor lebih banyak dan mengekspor lebih sedikit berarti surplus perdagangan yang lebih kecil, yang biasanya membebani mata uang suatu negara.

Inflasi mencapai 7,6% selama tiga bulan terakhir, kata bank sentral. Itu juga menaikkan suku bunga satu poin persentase bulan lalu, mengatakan inflasi diperkirakan akan terus meningkat dan jatuhnya rubel menambah risiko. Pertemuan berikutnya direncanakan pada 15 September.

Setelah negara-negara Barat memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas invasi Ukraina pada Februari 2022, rubel jatuh serendah 130 terhadap dolar, tetapi bank sentral menaikkan suku bunga utamanya setinggi 20% pada hari-hari sesudahnya dan memberlakukan kontrol modal. yang menstabilkan nilai mata uang. Ini kemudian mulai memotong suku bunga. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home