Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:04 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Mendadak Ahok Akan Lantik Kepala Dinas

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melantik pejabat eselon Januari lalu di Balai Kota DKI. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hari ini kembali akan melantik pejabat eselon menggantikan pejabat yang akan didemosi. Kabar pelantikan ini diumumkan mendadak. Pejabat yang akan dilantik ialah pejabat eselon II, yakni yang berkedudukan dalam posisi kepala dinas.

“Hari ini pelantikan jam 13.30 WIB,” kata Ahok setelah ditanya awak media di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, hari Jumat (3/7).

Agenda pelantikan pejabat sebelumnya tidak ditampilkan dalam agenda resmi gubernur. Agenda Ahok yang tertampil resmi hari ini yaki pukul 08.00 WIB menerima Persatuan Wartawan Indonesia perihal rencana penyelenggaraan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin PWI DKI Jaya Tahun 2015, pukul 09.00 WIB menghangdiri upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kepala dan Deputi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dan pukul 15.00 WIB menghadiri undangan dari Maarif Institute perihal Peluncuran dan Diskusi Buku “Muazin Bangsa dari Makkah Darat : Biografi Intelektual Ahmad Syafii Maarif”.

Namun demikian, Ahok belum memberi keterangan resmi mengapa pelantikan pejabat eselon II dilakukan secara mendadak. Kabar copot-tempel pejabat ini sebelumnya juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah. Ia mengatakan jumlah pejabat eselon II yang dilantik tak lebih dari 10 orang.

“Jumlahnya dibawah 10. Ada sekretaris kota, ada kepala dinas, ada setingkat wali kota,” kata Sekda kemarin.

Sekda sebelumnya juga masih merencanakan jadwal pelantikan eselon II ini.

“Jadi kemungkinan pekan depan, pokoknya sebelum lebaran. Ini kita lagi lapor ke Komisi Aparatur Sipil Negara,” kata Sekda sebelumnya.

Pemprov DKI mendapat kandidat 30 pejabat eselon III yang siap menggantikan beberapa pejabat eselon II. Mereka mengikuti seleksi terbuka melalui lelang jabatan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI. Kepala dinas yang kabarnya akan dicopot di antaranya ialah Kadis Kebersihan, Kadis Perhubungan dan Transportasi, Kadis Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perdagangan (KUMKMP), dan Kadis Tata Air.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home