Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:57 WIB | Senin, 23 November 2015

Mendag ingin RI Gabung TPP agar Tak Kalah dari Vietnam

Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasih Lembong. (Foto: kemendag.go.id)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan keinginannya agar Indonesia bisa segera bergabung dengan pakta-pakta perdagangan bebas seperti Trans Pacific Partnership (TPP) seperti yang telah dilakukan Vietnam baru-baru ini.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Vietnam merupakan langkah yang berani dan diperkirakan akan membawa dampak pertumbuhan ekonomi yang signifikan di negara itu. Contoh dari Vietnam yang berani melakukan reformasi ekonomi itu harus ditiru oleh negara-negara ASEAN agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara maksimal.

“Apabila ASEAN ingin lebih meningkatkan pertumbuhan ekonominya, maka ASEAN harus melakukan reformasi ekonomi,” kata dia dalam Global Investors’ Dialogue  KTT ASEAN ke-27 di Kuala Lumpur, hari Minggu (22/11).

Oleh karena itu, Indonesia terpacu dengan apa yang sudah dilakukan oleh Vietnam yaitu secara aktif melakukan lagi perundingan bilateral dengan Uni Eropa dan sedang melakukan kajian untuk bergabung dalam TPP.

“Indonesia akan lebih agresif melakukan kerja sama perdagangan bebas dengan negara-negara mitranya sehingga Indonesia dapat dilihat sebagai destinasi yang menarik bagi investor dunia yang ingin menanamkan modalnya di ASEAN.”

Mendag juga menambahkan bahwa Indonesia sendiri saat ini sudah mulai melakukan reformasi ekonomi di beberapa sektor melalui paket-paket kebijakan ekonomi yang diyakini mampu menjawab tantangan pelambatan ekonomi global.

“Indonesia telah menerbitkan beberapa paket kebijakan ekonomi yang diharapkan mampu menarik masuknya investor sehingga dapat menumbuhkan perekonomian nasional di tahun depan,” kata dia. (PR)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home