Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 08:21 WIB | Rabu, 12 Maret 2014

Mengapa Ponsel Penumpang MH370 Terdengar Nada Sambung?

Tim SAR Malaysia sedang mengamati daerah terduga jatuhnya Malaysia Airlines MH370. (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM – Keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 bingung mendapati telepon seluler (ponsel) orang yang mereka cintai masih mengeluarkan nada sambung, meskipun hilang selama berhari-hari. Namun, hal yang tampaknya seperti secercah harapan sebenarnya bisa jadi praktik standar operator telepon.

Anggota keluarga penumpang yang hilang di Malaysia Airlines penerbangan 370 muncul sedikit harapan dalam beberapa hari terakhir: saat menghubungi ponsel yang mereka cintai ternyata masih mengeluarkan nada sambung.

Meskipun penerbangan 370 misterius menghilang di kawasan Teluk Thailand empat hari lalu, keluarga 19 penumpang yang hilang telah menandatangani pernyataan yang mengatakan panggilan telepon kepada orang yang mereka cintai masih terdengar nada sambung, menurut China.org.cn. Namun, beberapa saat kemudian terputus.

Apakah ini berarti bahwa ponsel para penumpang masih menyala dan bekerja? Mengapa penumpang tersebut tidak mengangkat ponsel mereka ketika keluarga mereka menelepon?

Meskipun kita tidak akan tahu jawaban pasti sampai pesawat ditemukan, analis industri teknologi Jeff Kagan mengatakan bahkan jika telepon tidak aktif, panggilan ke perangkat mobile masih dapat dilakukan.

“Saat Anda menelepon, perlu beberapa saat supaya prosesnya lengkap. Untuk itu, operator telepon biasanya memulai nada sambung sehingga Anda tahu telepon sedang tersambung,” katanya. “Dengan cara itu, Anda tahu itu sedang terhubung sehingga Anda tidak akan menutup telepon dan mencoba lagi.”

Ada beberapa langkah untuk proses koneksi, katanya. Bila Anda membuat panggilan ke perangkat mobile, operator menemukan menara sel terdekat dengan tempat penerima panggilan yang terakhir terdaftar. Jika penerima tidak dalam jangkauan menara itu, operator terus memperluas ke daerah-daerah yang lebih besar untuk mencoba untuk menemukan jaringan penerima aktif. Jika tidak dapat menemukan penerima, panggilan terputus, pergi ke pesan suara, atau memberikan pesan kesalahan. Panggilan telepon dapat berakhir terputus karena jaringan over kapasitas atau jika pemanggil telah berulang kali disebut terlalu banyak kali, katanya.

“Pada dasarnya operator menahan Anda saat mencari telepon yang hendak disambung, dan suara yang Anda dengar bukan nada sambung sebenarnya,” Kagan menjelaskan.

Hal ini bahkan dapat terjadi ketika telepon hancur, terendam air, keluar dari jaringan, atau sepenuhnya mati, katanya. Telepon tidak akan berhenti berdering sampai sistem memastikan nomor telepon tidak dapat dihubungi.

“Hal itu dapat menimbulkan harapan palsu dalam pikiran keluarga yang berupaya mati-matian untuk mencapai orang yang mereka cintai,” katanya.

Kagan mengatakan tidak mungkin operator akan mengubah prosedur standar mereka dalam menghubungkan nomor-nomor telepon, kecuali bencana seperti ini terjadi lebih sering.

“Hal ini menimbulkan pertanyaan yang kita bahkan tidak pernah kita tanyakan pada waktu lain,” katanya. “Ini adalah hal-hal yang Anda tidak pernah pikirkan sampai terjadi bencana.” (csmonitor.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home