Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:40 WIB | Rabu, 15 Maret 2023

Mengapa Rusia dan Ukraina Bertempur Habis-habisan di Kota Bakhmut?

Pemandangan kota Bakhmut, tempat pertempuran terberat dengan pasukan Rusia, wilayah Donetsk, Ukraina, Senin, 27 Februari 2023. (Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 90 persen penduduknya telah melarikan diri, sebagian besar berada dalam reruntuhan, puluhan ribu telah terbunuh, dan kepentingan strategisnya telah diremehkan oleh para kepala Pentagon dan NATO. Namun Rusia dan Ukraina masih berjuang untuk menguasai kota kecil bernama Bakhmut.

Setelah hampir delapan bulan perang parit, pasukan Ukraina dikepung di tiga sisi, jalur pasokan Kiev rusak, dan Moskow menguasai hampir setengah dari wilayah kota Bakhmut. Namun, Ukraina telah berjanji untuk menggandakan pertahanan kota bahkan ketika perang memakan banyak korban di kedua belah pihak.

Beberapa analis militer Barat terkemuka telah memperkirakan mungkin masuk akal bagi pasukan Ukraina untuk mundur ke garis pertahanan baru yang dibentengi, tetapi Kiev tidak menunjukkan tanda-tanda akan melakukannya untuk saat ini.

Volodymr Zelenskyy, presiden Ukraina, telah menggambarkan "Benteng Bakhmut" sebagai simbol perlawanan yang mengeringkan militer Rusia.

Bagi Moskow, jatuhnya kota yang disebutnya dengan nama Artyomovsk di era Uni Soviet, akan menjadi perebutan besar pertama sejak pertengahan 2022 dan dorongan dalam perang yang lebih luas melawan Ukraina. Itu juga mengklaim akan menghancurkan pasukan Ukraina.

Apa Itu Kota Bakhmut?

Kota ini berada di Donetsk, Ukraina, bagian dari wilayah industri Donbas yang sebagian besar berbahasa Rusia yang ingin dicaplok Moskow dengan "operasi militer khusus" yang dideklarasikannya sendiri.

Itu memiliki populasi sebelum perang 70.000-80.000, tetapi Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, mengatakan bulan ini bahwa kurang dari 4.000 warga sipil, termasuk 38 anak-anak, diperkirakan masih tersisa di sana.

Mengingatkan pada Perang Dunia Pertama, pertempuran untuk Bakhmut telah diperjuangkan dari parit dengan serangan artileri dan roket tanpa henti di medan perang dengan ranjau berat yang digambarkan sebagai "penggiling daging" oleh komandan di kedua sisi. Itu juga melibatkan pertempuran dari rumah ke rumah.

Kota ini telah menyaksikan pembantaian sebelumnya: selama Perang Dunia Kedua, pasukan Nazi yang mendudukinya, menggiring 3.000 orang Yahudi ke lubang tambang terdekat dan menutupnya, mencekik mereka.

Zona Pembunuhan?

Gambar medan perang yang dipenuhi mayat dari kedua belah pihak telah muncul di media sosial, dan Yevgeny Prigozhin, pendiri pasukan tentara bayaran Wagner Rusia yang melakukan sebagian besar pertempuran, telah menerbitkan gambar pejuangnya sendiri yang tewas.

Jumlah korban diklasifikasikan, tetapi pejabat Amerika Serikat memperkirakan bahwa puluhan ribu tentara Rusia, banyak dari mereka adalah narapidana yang direkrut oleh Wagner, telah terbunuh. Ribuan tentara Ukraina diyakini tewas juga.

Zelenskyy mengatakan pada hari Minggu (12/3) bahwa pasukannya telah membunuh lebih dari 1.100 orang Rusia di dekat Bakhmut dalam sepekan terakhir dan melukai 1.500 lainnya. Pada hari yang sama, kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah membunuh lebih dari 220 tentara Ukraina di timur

Ajudan Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, mengatakan Ukraina terus bertempur di Bakhmut karena pertempuran itu menekan unit-unit terbaik Rusia dan menurunkan mereka menjelang serangan balik musim semi Ukraina yang direncanakan.

Konrad Muzyka, seorang analis militer Polandia yang baru-baru ini mengunjungi daerah Bakhmut bersama rekan-rekannya, mengatakan menurutnya tidak lagi masuk akal secara militer untuk menguasai kota tersebut.

“Keputusan untuk membela Bakhmut sekarang bersifat politis bukan militer,” kata Muzyka kepada Reuters, mengatakan skala dan biaya kerugian Ukraina sekarang lebih besar daripada manfaat menguasai kota dari sudut pandang militer.

Rob Lee, yang berada di jalan yang sama, mengatakan di Twitter bahwa meskipun masih ada alasan yang sah bagi Ukraina untuk tetap membela Bakhmut, kemampuannya untuk menimbulkan kerugian yang lebih besar pada musuhnya telah melemah setelah pasukan Rusia merebut sisi utara bulan lalu.

Batu Loncatan untuk Rusia?

Bakhmut adalah sebuah pusat transportasi dan logistik regional, dan akan berguna bagi pasukan Rusia meskipun itu tergantung pada seberapa banyak yang masuk strukturnya utuh.

Lebih penting lagi, itu akan menjadi batu loncatan bagi Rusia untuk maju di dua kota besar yang telah lama didambakannya di wilayah Donetsk: Kramatorsk dan Sloviansk.

Keduanya akan berada dalam jangkauan yang mudah dari artileri Rusia. Moskow perlu mengendalikan keduanya untuk menyelesaikan apa yang disebutnya “pembebasan” dari “Republik Rakyat Donetsk”.

Zelenskyy mengatakan kepada CNN bulan ini bahwa dia khawatir pasukan Rusia akan memiliki "jalan terbuka" ke dua kota jika mereka merebut Bakhmut, dan mengatakan perintahnya untuk menahannya adalah keputusan taktis.

Kota terdekat, Chasiv Yar, sebelah barat Bakhmut, mungkin akan menjadi serangan Rusia berikutnya, meskipun berada di tempat yang lebih tinggi dan pasukan Ukraina diyakini telah membangun benteng pertahanan di dekatnya.

Analis dan diplomat Barat skeptis bahwa pasukan Rusia dapat dengan cepat memanfaatkan penangkapan Bakhmut mengingat berapa lama mereka telah berperang di sana, menembaki kota itu sejak Mei dan melancarkan serangan darat pada bulan Agustus.

Penarikan Rusia yang kacau dari timur laut Ukraina tahun lalu juga menghilangkan wilayahnya yang akan memudahkan pasukannya untuk merebut kota-kota seperti Sloviansk begitu mereka menguasai Bakhmut.

Dorongan Psikologis?

Bagi Rusia, Bakhmut akan menjadi kemenangan di medan perang yang meningkatkan moral setelah serangkaian kekalahan tahun lalu.

Bagi Ukraina, hilangnya Bakhmut dapat melemahkan moral, bahkan jika, seperti yang dikatakan sekutunya, itu mungkin tidak membuat banyak perbedaan strategis.

Baik kepala Pentagon, Lloyd Austin, dan kepala NATO, Jens Stoltenberg, telah mengecilkan potensi jatuhnya Bakhmut sebagai simbolis, seperti halnya pakar militer Barat.

Sebagai tanda pentingnya Bakhmut bagi Kiev, Zelenskyy menghadiahi Kongres AS dengan bendera pertempuran yang ditandatangani oleh para pembela kota ketika dia mengunjungi Amerika Serikat pada bulan Desember.

Mempertahankan kota membantu mempertahankan dukungan dari negara-negara Barat, membuktikan itu membuat perbedaan, menurut Michael Kofman, seorang ahli militer Rusia di wadah pemikir CAN yang berbasis di AS.

Jika kota itu benar-benar jatuh, Ukraina dapat terhibur dari fakta bahwa ia menahan pasukan Rusia begitu lama dan mengeluarkan harga yang tinggi untuk Bakhmut, menunjukkan bahwa setiap upaya Rusia untuk mengambil lebih banyak wilayah akan sama mahalnya.

Kemenangan untuk Wagner?

Perebutan kota itu akan menjadi dorongan bagi tentara bayaran paling terkenal di Rusia, Wagner Group, dan pendiri mereka yang haus publisitas, Prigozhin.

Mantan narapidana berusia 61 tahun dan taipan katering, yang dikenai sanksi di Barat, telah mencoba menjilat Putin dan mempertaruhkan kesuksesan medan perang pasukannya ke dalam pengaruh politik.

Sementara semakin banyak bukti menunjukkan bahwa Kremlin telah bergerak untuk mengekang apa yang dilihatnya sebagai pengaruh politiknya yang berlebihan, tidak ada yang dapat membantah bahwa tentara bayaran Wagner, termasuk narapidana yang direkrut oleh Prigozhin, telah memainkan peran utama sebagai pasukan penyerang.

Beberapa ahli militer Barat percaya bahwa tujuan Ukraina adalah untuk menghancurkan Wagner sebagai kekuatan tempur di Bakhmut dan tidak akan dapat dengan cepat mengisi kembali barisannya untuk menimbulkan ancaman di tempat lain dalam waktu dekat.

“Jika Bakhmut dipertahankan, Wagner akan menjadi kekuatan yang sangat terdegradasi dan kemampuannya untuk mempertahankan serangan terhadap posisi Ukraina akan dipertanyakan,” kata Muzyka, analis Polandia.

Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, komandan pasukan darat Ukraina, mengatakan pada hari Sabtu (11/3) saat berkunjung ke Bakhmut bahwa Kiev memiliki alasan yang baik untuk menguasai kota tersebut.

“Pahlawan sebenarnya sekarang adalah para pembela yang memegang front timur di pundak mereka dan memberikan kerugian maksimal pada musuh,” katanya kepada pasukan yang bertempur di sana.

“Pertahanan Bakhmut memberi kami kesempatan untuk mengumpulkan cadangan dan mempersiapkan serangan balik musim semi, yang tidak jauh lagi.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home