Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:26 WIB | Selasa, 29 Juni 2021

Mengapa Wilayah Northwest AS Mengalami Gelombang Panas?

Mengapa Wilayah Northwest AS Mengalami Gelombang Panas?
Dua orang melompat dari jembatan penyeberangan di Lake Union Park ke dalam air saat gelombang panas menghantam Pacific Northwest, hari Minggu (27/6), di Seattle, AS. Sehari sebelumnya, rekor tertinggi ditetapkan untuk hari itu dengan lebih banyak rekor tertinggi diperkirakan pada Senin dan Selasa. (Foto: AP/John Froschauer)
Mengapa Wilayah Northwest AS Mengalami Gelombang Panas?
Portland mencapai rekor suhu lebih dari 110 derajat Fahrenheit pada Minggu (27/6), dan orang-orang berkumpul di air mancur Salmon Street Springs di Portland untuk mendinginkan diri. (Foto: Mark Graves/The Oregonian via AP)

SEATTLE, SATUHARAPAN.COM-Portland, Oregon, di Amerika Serikat, memecahkan rekor panas sepanjang masa pada hari Sabtu (26/6). Kemudian pecah lagi pada hari Minggu (27/6), mencatat suhu hingga 112 derajat Fahrenheit (44 Celcius). Ini mengalahkan rekor yang ditetapkan sehari sebelumnya sebesar empat derajat lebih panas.

Seattle, yang dikenal secara nasional karena cuacanya yang sejuk dan hari hujan, mencapai suhu 104 F (40 C) pada hari Minggu. Layanan Cuaca Nasional mengatakan bahwa itu adalah rekor sepanjang masa untuk kota dan merupakan pertama kalinya daerah itu mencatat dua hari dengan tiga digit (skala Fahrenheit) berturut-turut sejak catatan mulai disimpan pada tahun 1894.

Dan diperkirakan suhu akan lebih panas lagi pada hari mendatang. Apa yang sebenarnya sedang terjadi? Wilayah Pacific Northwest AS mengalami gelombang panas selama berhari-hari yang oleh para peramal disebut "bersejarah," berbahaya dan pertanda hal-hal yang akan datang karena perubahan iklim mempengaruhi pola cuaca global.

Mengapa di Northwest sekarang Sangat Panas?

Suhu mulai meningkat pada hari Jumat (25/6) dan diperkirakan tidak akan mendingin hingga hari Selasa (29/6), dengan “merkuri” tercatat lebih dari 30 derajat lebih tinggi dari biasanya di banyak wilayah di Washington dan Oregon. Penyebabnya adalah "kubah panas" yang telah mempengaruhi bagian Barat selama sekitar dua pekan. Justin Pullin, seorang ahli meteorologi layanan cuaca di Seattle, mengatakan bahwa tekanan tinggi yang kuat menyebabkan suhu lebih tinggi terkait dengan wilayah Arizona daripada di Barat Laut.

“Panas yang kami alami selama beberapa hari terakhir… sangat tidak biasa dan bersejarah. Kami berbicara tentang rekor suhu sepanjang waktu yang sedang dipecahkan, dalam beberapa kasus sebesar lima atau 10 derajat,” kata Pullin.

Apakah Udara Panas Menyebabkan Masalah?

Rutinitas normal telah terganggu karena pemerintah dan bisnis swasta bereaksi terhadap cuaca yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mencoba membuat orang tetap tenang. Di Eugene, Oregon, uji coba lintasan dan lapangan AS dihentikan pada Minggu sore dan penggemar diminta untuk mengevakuasi stadion karena panas yang ekstrem.

Pejabat di Portland, Oregon, menutup kereta ringan dan mobil jalanan sampai hari Selasa, karena suhu tinggi dan beberapa distrik menghentikan layanan bus sekolah musim panas dan orang-orang bersiap untuk kemungkinan hari terpanas.

Departemen Taman dan Rekreasi kota menutup kolam renang luar ruangan pada hari Senin, dengan alasan terlalu panas dan berbahaya bagi karyawan untuk berada di luar.

Di Seattle, distrik sekolah pada hari Senin membatalkan layanan makan musim panas di sekolah "untuk melindungi siswa, keluarga, dan staf kami" sehingga orang tidak akan berkeliaran di tengah hari.

Dan ada kekhawatiran terus-menerus tentang kebakaran hutan di wilayah yang sudah menghadapi kekeringan. Petugas pemadam kebakaran ditempatkan sebelumnya di daerah di mana risiko kebakaran tinggi dan distrik dan kota di seluruh wilayah memberlakukan larangan membakar, dalam beberapa kasus bahkan sementara melarang kembang api pribadi untuk liburan akhir pekan pada Hari Kemerdekaan 4 Juli.

Bagaimana Mengatasi Panas?

Pusat pendinginan dibuka di perpustakaan umum, gedung komunitas, mal, dan tempat lain sehingga orang dapat menemukan ruang dalam ruangan dengan AC. Kurangnya AC menjadi perhatian di Seattle, di mana hanya 44% rumah tangga yang memiliki pendingin ruangan, menurut angka Sensus AS. Jumlah itu sebenarnya melonjak akhir-akhir ini, karena hanya beberapa tahun yang lalu pihak berwenang memperkirakan hanya sepertiga rumah di kota terbesar di Barat Laut itu yang memiliki AC.

Salah satu keuntungan yang dimiliki beberapa daerah di Barat Laut adalah akses ke air pendingin, dengan sungai besar yang mengalir melalui Portland dan Seattle terletak di antara teluk laut dan danau air tawar yang besar.

Orang-orang berbondong-bondong ke pantai dan daerah pesisir, di mana suhunya tinggi, tetapi umumnya lebih ringan daripada lebih banyak bagian interior wilayah tersebut.

Kapan Gelombang Panas Berakhir?

Orang-orang di Seattle umumnya melihat ramalan dengan tertinggi di pertengahan 80-an dan merasa ngeri. Tetapi setelah suhu mencapai 100-an (skala Fahrenheit) di wilayah itu selama berhari-hari, tampaknya akan melegakan karena peramal cuaca mengatakan udara laut yang lebih dingin akan mulai menurunkan suhu pada hari Selasa.

"Kami memiliki satu hari lagi panas ekstrem di seluruh wilayah sebelum suhu berangsur-angsur menjadi dingin," kata Pullin, ahli meteorologi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home