Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:33 WIB | Kamis, 03 Juni 2021

Studi: Sepertiga Kematian di Dunia Akibat Udara Panas

Foto bertanggal Jumat, 26 Juni 2015, menunjukkan pelayat menghadiri pemakaman orang tak dikenal yang meninggal karena cuaca ekstrem, di Karachi, Pakistan, setelah gelombang panas dahsyat yang melanda Pakistan selatan akhir pekan sebelumnya, dengan lebih dari 800 kematian yang dikonfirmasi menurut kepada pejabat kesehatan senior (Foto: dok. AP/Shakil Adil)

SATUHARAPAN.COM-Lebih dari sepertiga kematian terjadi akibat udara panas di dunia setiap tahun yang disebabkan secara langsung oleh pemanasan global, menurut studi terbaru yang menghitung korban jiwa akibat perubahan iklim.

Tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan korban perubahan iklim, bahkan lebih banyak orang meninggal karena cuaca ekstrem lainnya yang diperkuat oleh pemanasan global seperti badai, banjir, dan kekeringan. Dan jumlah kematian akibat panas akan meningkat secara eksponensial dengan meningkatnya suhu.

Lusinan peneliti yang mengamati kematian akibat udara panas di 732 kota di seluruh dunia dari tahun 1991 hingga 2018. Mereka menghitung bahwa 37% disebabkan oleh suhu yang lebih tinggi dari pemanasan yang disebabkan oleh manusia, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada hari Senin (31/5) di jurnal “Nature Climate Change.”

Itu berarti sekitar 9.700 orang meninggal per tahun hanya dari kota-kota itu, tetapi jumlahnya jauh lebih banyak di seluruh dunia, kata penulis utama studi tersebut.

“Ini kematian terkait panas yang sebenarnya bisa dicegah. Itu adalah sesuatu yang kami (lihat) disebabkan secara langsung (oleh panas),” kata Ana Vicedo-Cabrera, seorang ahli epidemiologi di Institut Pengobatan Sosial dan Pencegahan di Universitas Bern di Swiss.

Persentase kematian akibat panas tertinggi yang disebabkan oleh perubahan iklim terjadi di kota-kota di Amerika Selatan. Vicedo-Cabrera menunjuk ke Eropa selatan dan Asia selatan sebagai titik panas lainnya untuk kematian akibat panas terkait perubahan iklim.

Sao Paulo, Brasil, mencatat kematian akibat panas terkait iklim paling banyak, rata-rata 239 orang per tahun, para peneliti menemukan.

Sekitar 35% kematian akibat panas di Amerika Serikat dapat disebabkan oleh perubahan iklim, demikian temuan studi tersebut. Itu total lebih dari 1.100 kematian per tahun pada sekitar 200 kota di AS, di atas 141 di kota New York. Honolulu memiliki porsi kematian akibat panas tertinggi yang disebabkan oleh perubahan iklim, yaitu 82%.

Para ilmuwan menggunakan data kematian selama beberapa dekade di 732 kota untuk memplot kurva yang merinci bagaimana tingkat kematian setiap kota berubah dengan suhu dan bagaimana kurva panas-kematian bervariasi dari kota ke kota. Beberapa kota beradaptasi dengan panas lebih baik daripada yang lain karena adanya mesin AC untuk mengatur suhu, faktor budaya dan kondisi lingkungan, kata Vicedo-Cabrera.

Kemudian peneliti mengambil suhu yang diamati dan membandingkannya dengan 10 model komputer yang mensimulasikan dunia tanpa perubahan iklim. Perbedaannya adalah pemanasan yang disebabkan oleh manusia. Dengan menerapkan teknik yang diterima secara ilmiah pada kurva kematian akibat panas pada individual untuk 732 kota, para ilmuwan menghitung kematian akibat panas ekstra dari perubahan iklim.

“Orang-orang terus meminta bukti bahwa perubahan iklim sudah mempengaruhi kesehatan kita. Studi atribusi ini secara langsung menjawab pertanyaan tersebut dengan menggunakan metode epidemiologi mutakhir, dan jumlah data yang dikumpulkan penulis untuk dianalisis sangat mengesankan,” kata Dr. Jonathan Patz, direktur Institut Kesehatan Global di Universitas Wisconsin.

Patz, yang bukan bagian dari tim penelitian, mengatakan itu adalah salah satu yang pertama merinci kematian akibat udara panas terkait perubahan iklim sekarang, bukan di masa depan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home