Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:36 WIB | Jumat, 17 Februari 2023

Menlu Israel Kunjungi Ukraina, Bahas Bantuan

Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen. (Foto: dok. AP Photo/Burhan Ozbilici)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Menteri luar negeri Israel tiba di Kiev, Ukraina pada hari Kamis (16/2), kunjungan publik pertama ke ibu kota Ukraina oleh seorang pejabat senior Israel sejak invasi Rusia tahun lalu.

Kunjungan Eli Cohen dilakukan tepat sebelum ulang tahun pertama invasi Rusia ke Ukraina, dan ketika negara-negara Barat berupaya meningkatkan bantuan ke negara tersebut.

Sejak pecahnya perang, Israel telah berjalan di antara membantu Ukraina dan menghindari gesekan dengan Rusia, yang memiliki kepentingan regional strategis. Tidak seperti negara-negara Barat lainnya, Israel tidak menjatuhkan sanksi terhadap Rusia atau pejabat Rusia, berbagi intelijen atau memberi Ukraina senjata. Ini telah memberikan dukungan kemanusiaan ke Ukraina, termasuk rumah sakit lapangan.

Cohen dijadwalkan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, serta pejabat senior Ukraina dan pemimpin komunitas Yahudi di negara itu sebagai bagian dari perjalanan singkat tersebut.

Tidak jelas apakah Cohen akan mengumumkan bantuan yang lebih besar ke Ukraina selama kunjungan kilatnya atau apakah kunjungan tersebut menandakan keterlibatan Israel yang lebih besar di masa mendatang.

“Kami di sini dalam kunjungan penting solidaritas dengan bangsa Ukraina, yang tentunya mengalami masa yang sangat sulit dalam setahun terakhir,” kata Cohen saat berkunjung ke peringatan kuburan massal di Bucha, di luar Kiev. Dia mengatakan Israel telah mendukung Ukraina dan memberikan bantuan kemanusiaan, dan akan terus melakukannya.

Cohen mengatakan awal tahun ini bahwa pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu "pasti akan melakukan satu hal: secara terbuka, kami akan berbicara lebih sedikit" tentang invasi Rusia ke Ukraina, tetapi akan terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada Ukraina. Tak lama setelah menjabat, dia berbicara dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov.

Israel mempertahankan hubungan kerja yang baik dengan kedua negara yang bertikai, dan memiliki populasi besar imigran Rusia dan Ukraina. Israel juga mengandalkan koordinasi keamanan dengan Rusia atas negara tetangganya, Suriah, di mana Israel telah melakukan ratusan serangan udara terhadap posisi militer Iran dalam dekade terakhir.

Ketika negara-negara Barat lainnya meningkatkan bantuan ke Ukraina, tekanan telah meningkat pada Israel untuk berbagi beberapa sarana militer canggihnya dengan Ukraina, termasuk dari Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan setelah pertemuan dengan Netanyahu di Yerusalem bulan lalu bahwa dia telah menekankan “pentingnya memberikan dukungan untuk semua kebutuhan Ukraina – kemanusiaan, ekonomi, dan keamanan.”

Yossi Shain, mantan anggota komite urusan luar negeri dan pertahanan Knesset, mengatakan pemerintah ultranasionalis Israel—yang telah berselisih paham dengan pemerintahan Biden mengenai masalah permukiman Tepi Barat—mungkin mencoba mendapatkan bantuan Washington dengan memberikan kemampuan pertahanan ke Ukraina, sementara “tidak melewati batas tertentu yang akan membahayakan keterlibatannya yang lebih rendah karena ancaman Rusia” di negara tetangga Suriah.

Tahun lalu, mantan perdana menteri Israel, Naftali Bennett, berusaha secara singkat untuk menengahi kedua belah pihak, terbang ke Moskow tak lama setelah invasi Rusia dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Bennett mengatakan dalam sebuah wawancara awal bulan ini bahwa Putin meyakinkannya saat itu bahwa Rusia tidak akan membunuh Zelenskyy. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home