Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:38 WIB | Jumat, 25 September 2015

Menristek Bidik Kepulauan Seribu, Djarot: Perlu Pulau Khusus

Ilustrasi Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu direncanakan akan dijadikan pusat penelitian bidang kelautan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada Rabu (23/9) lalu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, mengatakan wilayah perairan ini memiliki kondisi yang tenang sehingga cocok diterapkan untuk penelitian khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan Kepulaun Seribu telah siap untuk dijadikan lokasi riset.  

“Selama ini Kepulauan Seribu dijadikan suatu lokasi untuk penanaman terumbu karang dan hutan bakau. Jadi tempatnya sangat ideal. Jaraknya juga sangat dekat dengan Jakarta,” kata Djarot di Balai Kota DKI, Jumat (25/9).  

Namun, pemerintah perlu menyiapkan pulau khusus sebagai tempat penelitian. Kawasan tersebut menurut Djarot tak boleh dimasuki oleh orang yang tak berkepentingan. Wisatawan pun tak dapat masuk sembarangan.

Namun demikian, hingga saat ini Djarot mengaku belum berkoordinasi langsung dengan pemerintah pusat. Keduanya juga belum membicarakan pulau mana yang memungkinkan digunakan untuk lokasi riset.

“Tinggal nanti mereka (pemerintah pusat, Red) inginkan pulau yang karakteristiknya seperti apa,” kata Djarot. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home