Loading...
DUNIA
Penulis: Kris Hidayat 08:24 WIB | Minggu, 24 November 2013

Menteri Inggris Serukan Kebebasan Beragama

Baroness Warsi saat bertemu dengan Paus Benediktus XVI (Foto: sayeedawarsi.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Baroness Sayeeda Warsi, menteri pertama Inggris untuk iman dan komunitas, menyerukan tanggapan internasional terhadap penganiayaan agama dan penegakan kebebasan beragama, dalam sebuah pertemuan di Georgetown University, di Washington DC, pada Jumat (22/11).

Acara yang membahas "Respon Internasional untuk Krisis Global, "Warsi mengupas tantangan yang dihadapi Inggris dan Eropa dalam penegakan kebebasan beragama. Warsi juga menjelaskan metode untuk mencegah penganiayaan terhadap Kristen dan kelompok minoritas, sebagai bagian dari isu krisis global tersebut.

Baroness Warsi adalah anggota dari partai Konservatif, yang diangkat menjadi menteri senior Inggris negara di Foreign and Commonwealth Office dan menteri iman dan masyarakat sejak 2012. Sebagai seorang Muslim keturunan Pakistan, Warsi secara pribadi telah menghadapi penganiayaan dari anggota xenophobia kelompok politik pinggiran seperti Liga Pertahanan Inggris dan British National Party .

Warsi diangkat menjadi wakil ketua partai pada 2010, menjadi orang pertama keturunan Asia yang dudu di kursi partai politik besar di Inggris. Warsi juga orang Muslim pertama yang melayani dalam kabinet Inggris pada 2010 yang diangkat oleh Perdana Menteri David Cameron tanpa portofolio.

Warsi membahas masalah ekstrimisme di Inggris dan di seluruh dunia

"Masalah dengan ekstremisme bukan karena terlalu banyak agama, tetapi karena terlalu sedikit agama. Orang-orang yang membunuh atas nama Allah atau dewa, adalah karena kurangnya pemahaman dasar tentang agama mereka sendiri," kata Warsi.

"Ada bagian dunia hari ini di mana untuk menjadi seorang Kristen adalah untuk menempatkan hidup dalam bahaya. Dari benua ke benua, orang-orang Kristen menghadapi diskriminasi, pengucilan, penyiksaan, bahkan pembunuhan, hanya karena iman mereka mengikuti," katanya. 

Populasi Kristen menurun dan agama sedang didorong keluar dari beberapa tanah sucinya, bahkan ada pembicaraan tentang agama Kristen menjadi punah di tempat-tempat kelahirannya."

"Bagi saya sendiri, seorang ibu Muslim, saya mengajar anak-anak saya untuk menjadi orang baik, dan kemudian menunjukkan kepada mereka bahwa Islam adalah dasar yang baik untuk jenis perilaku, tapi saya tidak mengindoktrinasi mereka dalam cara bahwa beberapa orang mengindoktrinasi anak-anak mereka. Saya ingin anak-anak saya untuk menjadi orang baik terlebih dahulu, dan Muslim maka mudah-mudahan baik."

Mahasiswa Georgetown yang hadir sangat menghargai Warsi, baik sambutan dan juga humor-humornya dan tekadnya untuk membuat dunia lebih toleran. "Pidato Baroness adalah cukup unik," kata Yash Johri. "Jalannya melalui politik belum mudah, tapi dia benar-benar telah mampu membuat perbedaan besar. Saya mengagumi keinginannya untuk membela hak-hak religius kelompok mana pun di dunia." (thehoya.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home