Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:11 WIB | Rabu, 12 Maret 2014

Menteri Pertahanan Mesir, Abdel Fattah el-Sisi Kunjungi Uni Emirat Arab

Abdel Fattah el-Sisi kunjungi UAE. (Foto: aljazeera.com)

UNI EMIRAT ARAB, SATUHARAPAN.COM – Kepala Militer Mesir, Abdel Fattah el-Sisi telah tiba di Uni Emirat Arab (UEA) dalam sebuah acara kunjungan. UEA merupakan negara pendukung kuat dalam melengserkan Presiden Mohamed Morsi pada Juli lalu.

Panglima tertinggi, Sisi yang juga merupakan Menteri Pertahanan Mesir dan wakil perdana menteri itu berkunjung ke UEA untuk menghadiri penutupan latihan militer bersama di sana.

Dia bertemu dengan wakil kepala angkatan bersenjata UAE, Syeikh Mohamed bin Zayed al-Nahyan.

Kantor berita WAM melaporkan bahwa hubungan yang erat antara keduanya itulah yang membuat kedua negara dan rakyat mereka semakin dekat bahkan ada keinginan untuk memiliki kerja sama bilateral.

UAE memberikan dana sebanyak USD 4,9 miliar atau sekitar Rp. 55 triliun sejak penggulingan Morsi serta menyimpan sebanyak USD 2 miliar atau sekitar Rp. 22 triliun di bank sentral Mesir dengan bebas bunga.

Hubungan yang Erat

Kontraktor Arabtec UEA menandatangani nota kesepahaman pada Minggu (9/3) untuk mengembangkan sebuah proyek USD 40 miliar (sekitar Rp 457 triliun) untuk membangun satu juta unit rumah di Mesir.

Penandatanganan tersebut terkait dengan Sisi yang akan mencalonkan diri sebagai presiden untuk menggantikan Morsi, dan berharap dia memperoleh suara untuk bisa menang.

Sisi telah muncul sebagai tokoh politik paling populer di Mesir menyusul satu tahun pemerintahan Morsi yang bermasalah dan beberapa pihak melihat dia sebagai pemimpin yang kuat saat berhasil memulihkan stabilitas nasional setelah tiga tahun kerusuhan yang disebabkan oleh pemberontakan tahun 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak.

Mesir telah memberikan tekanan kepada Ikhwanul Muslimin dengan dicap sebagai teroris. Mereka telah menangkap ribuan pemimpin kelompok tersebet atas tuduhan kekerasan.

Ikhwanul Muslimin membantah tuduhan penyebab kekerasan dan menuduh tentaralh yang melakukan kudeta. (aljazeera.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home