Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:24 WIB | Rabu, 13 Juli 2016

Merkel Berharap PM Baru Inggris Tentukan Hubungan dengan UE

Ilustrasi. Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) dan Perdana Menteri Irlandia Enda Kenny tiba untuk memberi konferensi pers di kantor kanselir di Berlin, Selasa (12/7). (Foto: AFP/John Macdougall)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Kanselir Jerman Angela Merkel berharap pemerintah baru Inggris segera menentukan hubungannya dengan Uni Eropa (UE) setelah Theresa May dari Partai Konservatif menjabat sebagai perdana menteri menggantikan David Cameron pada hari Rabu (13/7).

“Inggris harus mengklarifikasi dengan cepat bagaimana hubungannya dengan Uni Eropa di masa depan,” kata Merkel dalam sebuah acara yang dihadiri para diplomat di utara Berlin, hari Senin (11/7).

Pernyataan itu disampaikan beberapa jam setelah May dipastikan akan memimpin Inggris keluar dari UE. Sekarang, kata Merkel, keputusan ada di tangan London dan secara resmi menerapkan Pasal 50 untuk meninggalkan UE menyusul referendum mengejutkan yang mendukung Brexit atau Inggris keluar dari UE.

“Jika Pasal 50 sudah diberlakukan maka negosiasi mengenai hubungan Inggris dan UE baru bisa dimulai,” kata Merkel.

Merkel menegaskan Inggris akan tetap menjadi mitra penting bagi Jerman tapi akses ke pasar tunggal UE tergantung pada penghormatan beberapa prinsip utama termasuk kebebasan bergerak warga UE. (AFP)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home