Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:54 WIB | Senin, 07 Desember 2015

Meski Banyak Tantangan, Mendag Optimis Ekonomi RI Menguat

Menteri Perdagangan RI (berdiri) dalam memaparkan perkembangan ekonomi RI di Apindo CEO's Gathering di JS Luwansa Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan, hari Senin (7/12). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasih Lembong mengatakan saat ini kondisi ekonomi RI akan lebih baik bila dibandingkan dengan dua tahun yang lalu saat terjadi krisis global.

Pria yang akrab disapa Tom ini mengatakan sempat pesimis pada dua tahun yang lalu karena kondisi perekonomian Indonesia yang tidak stabil mulai dari nilai tukar rupiah yang terus melemah, krisis ekonomi global dan pertumbuhan ekonomi yang tidak menunjukkan perbaikan.

 “Memang rupiah masih tertekan, ekonomi masih rawan, masih terjal. Tapi saya melihat bahwa sudah banyak kemajuan, sudah banyak sekali pembenahan,” kata dia dalam CEO’s Apindo Gathering di JS Luwansa Jalan Rasuna Said  Kuningan, Jakarta Selatan, hari Senin (7/12).

Tom mengatakan pembenahan yang dimaksud adalah dengan meluncurkan program deregulasi besar-besaran dan pembangunan infrastruktur yang memadai. Jika  program pemerintah ini sudah berjalan, dia yakin ekonomi RI akan menguat dan tidak tertinggal dengan negara berkembang lainnya seperti Vietnam.

“Anda bayangkan jika infrastruktur ini sudah mulai jalan, bayangkan jika regulasi kita modern, efisien, sederhana pasti kita punya daya saing akan meningkat lagi. Jadi saya lihat di global, ada upaya membenahi krismon di Eropa, Amerika. Kedua, domestik sudah banyak kemajuan, tapi memang masih berat. Tiongkok memang masih slow down. Tapi kita akan memasuki pakta pedagangan bebas seperti  TPP mau tidak mau kita harus ikut.”

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home