Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:24 WIB | Senin, 13 Maret 2023

Moldova Gagalkan Rencana Kerusuhan Yang Didukung Rusia

Rusia disebut berusaha mengacaukan negara yang akan bergabung dengan Uni Eropa.
Orang-orang mengibarkan bendera selama protes yang diprakarsai oleh Gerakan untuk Rakyat dan anggota Partai Shor yang didukung Rusia di Moldova, menentang pemerintah pro Barat dan standar hidup yang rendah, di Chisinau, Moldova, Minggu, 12 Maret 2023. (Foto: AP/Aurel Obreja)

CHISINAU, SATUHARAPAN.COM-Polisi di Moldova mengatakan mereka menggagalkan plot oleh kelompok aktor yang didukung Rusia yang dilatih untuk menyebabkan kerusuhan massal selama protes hari Minggu (12/3) terhadap pemerintah pro Barat negara itu.

Kepala polisi Moldova, Viorel Cernauteanu, mengatakan dalam konferensi pers bahwa seorang agen yang menyamar telah menyusup ke kelompok “pengalih perhatian”, beberapa warga Rusia, yang diduga dijanjikan uang US$10.000 untuk mengatur “kekacauan massal” selama protes di ibu kota, Chisinau. Tujuh orang ditahan, katanya.

Secara terpisah, polisi mengatakan mereka menangkap 54 pengunjuk rasa, termasuk 21 anak di bawah umur, yang menunjukkan "perilaku yang dipertanyakan" atau ditemukan membawa barang-barang terlarang, termasuk setidaknya satu pisau.

Protes hari Minggu adalah salah satu dari beberapa yang diadakan dalam beberapa pekan terakhir yang diselenggarakan oleh sebuah kelompok yang menamakan dirinya Gerakan untuk Rakyat, yang didukung oleh Partai Shor yang bersahabat dengan Rusia di Moldova, yang memegang enam kursi di legislatif negara dengan 101 kursi.

Para demonstran menuntut agar pemerintah menanggung sepenuhnya biaya tagihan energi musim dingin dan "tidak melibatkan negara dalam perang". Mereka berulang kali meminta Presiden Maia Sandu untuk mundur.

Polisi mengatakan bahwa empat ancaman bom pada hari Minggu, termasuk satu di bandara internasional ibu kota, telah diketahui, yang mereka sebut sebagai "bagian berkelanjutan dari tindakan destabilisasi" terhadap Moldova, bekas republik Uni Soviet dengan populasi sekitar 2,6 juta jiwa.

Polisi perbatasan Moldova juga mengatakan pada hari Minggu bahwa 182 warga negara asing pada pekan lalu telah ditolak masuk ke Moldova, termasuk "kemungkinan perwakilan" dari Grup Wagner Rusia, perusahaan militer swasta yang berperang di Ukraina, tetangga yang dilanda perang Moldova.

Pengumuman polisi hari Minggu disampaikan hanya beberapa hari setelah pejabat intelijen Amerika Serikat mengatakan mereka telah menentukan bahwa aktor yang memiliki hubungan dengan intelijen Rusia berencana menggunakan protes di Moldova, kandidat Uni Eropa sejak Juni lalu, sebagai dasar untuk memicu pemberontakan terhadap pemerintah negara itu.

Pada hari Sabtu, badan anti korupsi nasional Moldova mengatakan telah menyita lebih dari 220.000 euro selama penggeledahan dalam kasus dugaan pembiayaan partai ilegal dari Partai Shor oleh kelompok kriminal terorganisir.

Badan itu mengatakan bahwa penggeledahan mobil "kurir" untuk Partai Shor menemukan uang yang dimasukkan ke dalam amplop dan tas dalam berbagai mata uang, dan itu dialokasikan untuk "membayar transportasi dan membayar orang-orang yang datang ke protes yang diselenggarakan oleh partai.”

Pemimpin Partai Shor, Ilan Shor, adalah seorang oligarki Moldova yang saat ini mengasingkan di Israel. Shor yang disebutkan dalam daftar sanksi Departemen Luar Negeri AS bekerja untuk kepentingan Rusia. Inggris juga menambahkan Shor ke daftar sanksi pada bulan Desember.

Menteri Dalam Negeri Moldova, Ana Revenco, mengatakan protes itu “bertujuan untuk mengguncang demokrasi dan stabilitas” negara itu dan bahwa “suara rakyat tidak berarti kekerasan dan pengkhianatan terhadap negara.”

"Saya memperingatkan para pengkhianat negara kita bahwa mereka akan segera diadili, tidak peduli berapa banyak uang dan bantuan yang mereka terima untuk menghancurkan negara kita," kata Revenco dalam sebuah posting Facebook.

Cristian Cantir, seorang profesor hubungan internasional Moldova di Universitas Oakland, mengatakan bahwa meskipun sulit untuk menentukan bagaimana dugaan rencana untuk menggulingkan pemerintah Moldova akan dimainkan, “Rusia selalu berusaha melemahkan pemerintah pro Eropa.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home