Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:53 WIB | Senin, 12 Januari 2015

Mulai Senin (12/1) Urus Dokumen Kependudukan di PTSP

Fasilitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (Foto: dok.satuharapan.com/beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Terhitung mulai Senin (12/1), kantor Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Pusat tidak lagi melayani pengurusan berbagai dokumen kependudukan. Warga yang ingin mengurus akta kelahiran, akta kematian, akta nikah, kartu tanda penduduk (KTP), hingga kartu keluarga (KK) bisa mengurusnya di kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di seluruh wilayah Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Pusat, Warisih, mengatakan, semua layanan kependudukan dan catatan sipil, baik di tingkat kota dan provinsi mulai pekan depan dialihkan melalui PTSP. Hal tersebut dalam rangka efektivitas dan mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menuju Jakarta Baru.

"Mulai Senin besok, semua pengurusan akta kelahiran, akta kematian, dan akta nikah sudah di PTSP. Jadi di sini sudah tidak ada loket yang buka, termasuk di kelurahan dan di kecamatan," kata Asih, Minggu (11/1).

Masyarakat cukup menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan ke petugas di loket PTSP. 

Ia menjelaskan, untuk pengurusan akta kelahiran dan kematian memerlukan waktu lima hari kerja. Sedangkan akta nikah 14 hari kerja, asalkan semua dokumen dan berkas sudah lengkap.

"Akta kelahiran dan kematian hari keenam sudah bisa diambil. Sedangkan akta nikah diproses selam 14 hari kerja," katanya. (beritajakarta.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home