Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:12 WIB | Jumat, 08 Juli 2022

Mundur sebagai Perdana Menteri, Boris Johnson Harus Cari Rumah Baru

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson (kiri) dan istrinya, Carrie Johnson berjalan setelah upacara penyambutan di Kastil Elmau, Jerman selatan pada 26 Juni 2022 sebelum dimulainya KTT G7. (Foto: AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Setelah mendekorasi ulang flat Downing Street mereka secara boros, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, dan istrinya Carrie sekarang berisiko menjadi tunawisma, dan menghadapi panggilan untuk menemukan tempat baru untuk pesta pernikahan mereka.

Pasangan itu menikah dalam upacara rahasia di London pada Mei 2021 dan dibatasi untuk 30 tamu ke pesta kebun di Downing Street sesudahnya karena pembatasan COVID.

Mereka telah merencanakan resepsi yang lebih glamor di Chequers, tempat peristirahatan perdana menteri di barat laut London, pada 30 Juli.

Dalam mengumumkan pengunduran dirinya hari Kamis, Johnson mengatakan dia akan tetap menjabat sampai pemimpin partai Konservatif baru terpilih dalam beberapa bulan mendatang, mungkin sampai Oktober.

Tetapi Daily Mirror, Guardian, dan lainnya melaporkan bahwa timelinelebih berkaitan dengan keinginannya untuk tidak kehilangan fasilitas Chequers sebelum pesta, menjelaskan bahwa undangan sudah keluar.

Kritikus mengatakan Johnson memiliki rumah pedesaan abad ke-16 di pikirannya dalam pidato pengunduran dirinya di luar 10 Downing Street, ketika pada satu titik dia salah mengucapkan terima kasih kepada "staf yang luar biasa di sini di Chequers."

"Meskipun kita semua ingin memiliki pernikahan mewah dengan biaya pembayar pajak di Chequers, dia tidak akan dapat melakukannya karena publik Inggris akan menganggapnya menjijikkan," kata Wali Kota London, Sadiq Khan, kepada radio LBC.

"Dan Tories yang baik itu ... tidak akan menerima situasi di mana berusaha untuk tetap sebagai perdana menteri untuk keuntungan pribadinya, daripada kepentingan nasional," kata politisi oposisi Partai Buruh.

Chequers sudah menjadi subjek berita utama baru-baru ini atas klaim bahwa keluarga Johnson ingin membangun rumah pohon di sana senilai £150.000 (US$180.000) untuk putra mereka yang berusia dua tahun, Wilf. Mereka menyangkal itu.

Namun dalam banyak skandal lain yang telah mengganggu masa jabatannya, dia harus membayar puluhan ribu pound untuk wallpaper mewah yang dia dan Carrie gunakan untuk merombak flat pemerintah mereka di atas 10 Downing Street.

Keluarga Johnson sekarang mulai mencari rumah baru. Mereka memiliki setidaknya dua properti bersama, tetapi salah satunya adalah apartemen kecil di London, dan keduanya dikatakan disewakan.

Alastair Campbell, yang adalah direktur komunikasi untuk Perdana Menteri Partai Buruh, Tony Blair, mengatakan Johnson seharusnya tidak menikmati tambahan apapun termasuk hak perdana menteri yang akan berakhir masa jabatannya untuk menominasikan penghargaan negara.

Dia tampak "bertekad untuk berjongkok di rumah pedesaan sehingga dia dapat memiliki penyandang dana oligarki untuk bersenang-senang dan permainan, dan pengunduran diri menghormati permainan ruang tamu," cuit Campbell.

Partai Konservatif terkemuka termasuk mantan perdana menteri John Major juga mengatakan berbahaya secara politis untuk membiarkan Johnson bertahan begitu lama. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home