Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sotyati 11:24 WIB | Senin, 16 Juni 2014

Museum Pele Dibuka di Kota Santos

Museum Pele, penghargaan kesekian untuk Pele (tiga dari kanan), yang membawa Brasil menjuarai Piala Dunia tiga kali, diresmikan di Kota Santos, Minggu (15/6). (Foto: AFP)

SANTOS, SATUHARAPAN.COM - Pele (73) kembali menerima penghargaan atas sumbangannya mengangkat prestasi sepak bola Brasil.

Penghargaan untuk Pele kali ini berupa museum berdiri di area seluas 4.000 meter persegi, yang secara resmi dibuka di kota pelabuhan Santos, Minggu (15/6), ketika Brasil tengah menggelar pesta sepak bola, Piala Dunia.

Pele mengatakan pembangunan museum senilai 22 juta dolar itu (setara Rp 260,15 miliar) seperti mimpi baginya dan ia merasa bangga bisa menjadi wakil Kota Santos.

Di acara pembukaan, Pele banyak menerima ucapan selamat dari tamu undangan, termasuk dari Wakil Presiden Brasil Michel Temer. Presiden Brasil Dilma Rousseff menurut rencana awal akan menghadiri acara itu, namun batal pada saat-saat terakhir.

Pria dengan nama asli Edson Arantes do Nascimento yang kini dikenal sebagai pengusaha tersebut tampak terharu.

Pele, yang dianggap banyak kalangan sebagai legenda sepak bola, dikenal namanya ketika menjadi pemain Santos FC antara 1956 hingga 1974.

Selama periode itu Pele mengantarkan Brasil tiga kali menjuarai Piala Dunia.

“Pada 1958 (Brasil pertama kali meraih gelar juara Piala Dunia, Red) tak banyak orang mengenal, dan hari ini banyak orang berada di tempat ini, menghadiri peresmian museum ini,” kata Pele, dalam sambutannya.

Di museum itu para pengunjung bisa melihat lebih dari 2.500 benda yang memiliki kaitan dengan karier Pele, termasuk trofi, kaus, dan foto-fotonya dengan para pemimpin dunia dan selebritis. (bbc.co.uk/AP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home