Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 01:30 WIB | Sabtu, 18 Juli 2015

Muslim di Barat Laut Tiongkok Lebih Dulu Berlebaran

Ilustrasi: Salat Idul Fitri di Kantor Gubernur DKI Jakarta pada 2014. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi).

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Sebagian besar muslim di wilayah barat laut Tiongkok, telah memulai 1 Syawal 1436 Hijriyah dengan menggelar Salat Idul Fitri pada Jumat (17/7).

Muslim di dua provinsi di barat laut Tiongkok yakni Qinghai dan Gansu lebih dulu menyambut Lebaran, dibandingkan muslim di wilayah lain di Tiongkok yang baru merayakan Idul Fitri pada Sabtu (18/7).

"Ini merupakan berkah, karena Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, dan umat muslim juga melaksanakan Salat Jumat," kata imam masjid Dongguan di Kota Xining, Ibukota Provinsi Qinghai, Ma Yun, seperti diwartakan media lokal, Jumat (17/7).

Sekitar 300 ribu muslim di kota tersebut telah bersiap-siap menjalankan Salat Idul Fitri 1436 Hijriyah sejak pukul 03.00 waktu setempat. Imam memimpin salat dengan menggunakan dua bahasa yakni pertama dalam Bahasa Inggris , langsung dialihbahasakan ke Bahasa lokal.

Sementara itu muslim di wilayah lain di Tiongkok termasuk di Xnjiang dan Beijing, akan merayakan datangnya 1 Syawal 1436 pada Sabtu (18/7). Di Tiongkok kini terdapat sekitar 20 juta umat muslim.

Di Beijing, 13 juta umat muslim akan melaksanakan Salat Idul Fitri di sekitar 20 masjid yang tersebar di ibu kota Tiongkok tersebut.

Jumlah umat muslim di Tiongkok tercatat sekitar 20 juta orang. Layaknya perayaan Idul Fitri di Tanah Air, usai menjalankan Salat Idul Fitri umat muslim berkumpul dengan keluarga, baik di rumah atau di restoran untuk bersantap bersama.

Pengurus Masjid Niujie masjid terbesar dan tertua di Beijing menyatakan Salat Idul Fitri dimulai pukul 10.00 waktu setempat. Sedangkan Kedutaan Besar RI di Beijing, menggelar Salat Idul Fitri pukul 08.00 waktu setempat.

Ketua Panitia Ramadhan dan Idul Fitri 1436 Hijriyah KBRI Beijing, Dandy Iswara mengatakan imam dan penceramah pada penyelenggaraan Salat Idul Fitri adalah KH Lukman Hakim Badri dari Dompet Dhuafa.

Waktu pelaksanaan Salat Idul Fitri di Shanghai, Guangzhou, Hong Kong juga dilaksanakan sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Usai pelaksanaan Salat Idul Fitri, kepala perwakilan RI baik Duta Besar di Beijing, maupun Konsul Jenderal RI di Shanghai, Guangzhou dan Hong Kong menggelar "open house" bagi para staf dan masyarakat Indonesia lainnya. (Ant).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home