Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 00:25 WIB | Minggu, 19 Juli 2015

Muslim Prancis Rayakan Idul Fitri Dibayangi Teror

Ilsutrasi Muslim Prancis sedang melakukan salat. (Foto: AP)

LYON, SATUHARAPAN.COM – Muslim Prancis saat ini sedang merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadan.

Namun, perayaan ini kemungkinan akan dibayangi oleh serangan teror baru-baru ini di Prancis, kata pengamat.

"Situasi umat Islam saat ini di Perancis tidak kondusif untuk perayaan seperti itu," kata Kamal Kabtan, rektor masjid Lyon - kota terbesar ketiga di Perancis - mengatakan kepada Al Arabiya News.

"Tahun ini Idul Fitri akan menjadi berbeda ... Kami pikir perayaan keagamaan tersebut perlahan-lahan akan menjadi lebih baik setelah serangan di Paris awal tahun ini ... tapi sayangnya teror itu menjadi lebih buruk, terutama dengan insiden terbaru di Lyon," kata Kabtan. "Citra Islam ternoda sekali lagi, dan orang-orang Prancis takut."

Dalam beberapa tahun terakhir, Prancis telah menyaksikan sentimen anti-Muslim, yang telah meningkat lebih lanjut karena insiden pembunuhan pada bulan Januari di Paris, yang dimulai dengan pembunuhan di kantor Charlie Hebdo sebuah majalah mingguan satir, dan berakhir dengan lebih tragis di supermarket Yahudi.

Serangan di Paris kemudian terjadi lagi pada bulan Juni oleh seorang pria Muslim yang mengaku memenggal kepala manajer di pabrik 30 kilometer selatan dari Lyon.

Kabtan mengatakan Muslim Prancis bisa "merasakan ketegangan terjadi terus menerus terhadap Islamophobia dan tekanan nyata yang telah berlangsung selama beberapa bulan.”

"Kami merasa bahwa orang melihat kita [Muslim] berbeda setiap kali kita mencoba untuk mengekspresikan pendapat ... Selalu ada seseorang memberitahu kami untuk tutup mulut atau memandang remeh kami."

Pada sekitar 6 juta orang, Prancis adalah rumah bagi komunitas Muslim terbesar di Eropa, sebagian besar dari Afrika Utara dan Turki.

Muslim Prancis Bersorak Meriah di Paris

Namun, di Paris beberapa warga tampak lebih ceria menyambut Idul Fitri, meskipun Prancis baru-baru ini membatalkan beberapa pertemuan publik untuk alasan keamanan.

"Perayaan Idul Fitri di sini tidak boleh lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Sebaliknya, perayaan ini berbarengan dengan libur sekolah yang akan memberi orang lebih banyak waktu untuk merayakan, "Moulay al-Hassan al-Alaoui Talibi, seorang imam di Masjid Agung Paris, mengatakan kepada Al Arabiya News.

"Satu-satunya titik yang dapat mempengaruhi perayaan adalah pembatasan negara pada beberapa pertemuan publik," kata Talibi, menambahkan bahwa banyak Muslim Perancis telah meninggalkan negara itu dan kembali ke rumah untuk "merayakan dengan keluarga mereka."

Dia mengatakan pertemuan tahunan Muslim untuk salat Idul Fitri akan berlangsung di Masjid Agung di Paris dan di seluruh negeri.

Di Lyon, Kaptan mengatakan masjid kota akan terus menggelar salat Id tahunan yang menandai akhir bulan Ramadhan, diikuti oleh salat Jumat.

Ia mengatakan pada kesempatan Idul Fitri, berharap bahwa "Muslim Prancis menemukan tempat mereka dalam masyarakat, dan menyadari bahwa mereka adalah bagian dari bangsa dan bahwa Prancis adalah negara mereka.”

"Saya juga berharap bahwa orang-orang Prancis menyadari bahwa umat Islam tidak di sini dengan keberuntungan, dan bahwa mereka menerima untuk tinggal bersama kami dalam damai dan ketenangan." (al-arabiya.net)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home