Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:31 WIB | Senin, 01 Januari 2024

Utusan Mesir Kunjungi Tel Aviv Bahas Upaya Mengakhiri Perang di Gaza

IDF klaim telah menemukan dan menghancurkan apartemen milik Yahya Sinwar dan terowongannya yang besar.
Utusan Mesir Kunjungi Tel Aviv Bahas Upaya Mengakhiri Perang di Gaza
Tentara IDF beroperasi di Jalur Gaza dalam foto tak bertanggal yang dirilis hari Minggu, 31 Desember 2023. (Foto-foto: IDF via ToI)
Utusan Mesir Kunjungi Tel Aviv Bahas Upaya Mengakhiri Perang di Gaza
Gambar dari video ini menunjukkan terowongan Hamas di bawah sebuah apartemen dekat Kota Gaza yang diyakini digunakan sebagai tempat persembunyian Yahya Sinwar, dalam video yang dipublikasikan IDF pada hari Jumat, 29 Desember 2023. (Foto IDF via ToI)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Utusan Mesir mengatakan akan mengunjungi Israel untuk membahas gencatan senjata, sementara IDF terus bergerak di Gaza selatan.

Delegasi Mesir mengunjungi Tel Aviv pekan lalu dalam upaya untuk mencapai kesepakatan “untuk mengakhiri perang” antara Israel dan kelompok teror Hamas, menurut sebuah laporan pada hari Minggu (31/12), ketika militer Israel tidak menunjukkan tanda-tanda memperlambat operasinya di Gaza.

Laporan yang diterbitkan oleh media milik Qatar, Al-Arabi Al-Jadid, muncul ketika mediator Mesir dan Qatar berusaha menerapkan kerangka kerja untuk gencatan senjata baru, meskipun kedua belah pihak tampaknya belum mencapai kesepakatan.

Seorang pejabat Mesir mengatakan kepada outlet berita tersebut bahwa “segalanya masih rumit” dalam pembicaraan yang sedang berlangsung.

Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Kairo sedang menjajaki “kesiapan Israel untuk menarik diri sepenuhnya dari wilayah yang dimasuki tentara di Jalur Gaza setelah operasi darat, jika kesepakatan komprehensif tercapai.”

Sebuah sumber Palestina mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa “konsultasi internal antara faksi-faksi Palestina masih berlanjut untuk mencapai kesepakatan pertukaran tahanan dan gencatan senjata.”

Mediator Qatar dilaporkan telah mengatakan kepada Israel bahwa Hamas “secara prinsip setuju” untuk melanjutkan perundingan untuk pembebasan sandera lebih lanjut yang disandera oleh kelompok teror tersebut selama serangan mengejutkan mereka pada tanggal 7 Oktober, dengan imbalan gencatan senjata hingga satu bulan di Jalur Gaza.

IDF Hancurkan Apartemen Yahya Sinwar

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan pada hari Jumat (29/12) bahwa pasukannya telah menemukan dan menghancurkan sebuah apartemen persembunyian milik pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, di utara daerah kantong tersebut bersama dengan sistem terowongan besar di bawahnya.

IDF mengklaim telah mendekati Sinwar selama beberapa pekan, namun pemimpin teror tersebut terus menghindari penangkapan, sehingga Israel kehilangan kemenangan operasional yang meningkatkan moral yang telah diupayakan sejak perang dimulai tiga bulan lalu.

Apartemen persembunyian itu ditemukan pada hari Jumat di pinggiran Kota Gaza oleh Brigade Lapis Baja Cadangan ke-14. Hal ini kemudian diselidiki oleh unit teknik tempur elit Yahalom, yang menemukan terowongan.

IDF mengatakan mereka menemukan bukti signifikan di apartemen tersebut yang mengarah pada kesimpulan bahwa Sinwar telah menggunakannya sebagai tempat persembunyian.

Poros terowongan itu memiliki kedalaman sekitar 20 meter, dan mengarah ke terowongan sepanjang 218 meter dengan beberapa cabang, menurut IDF.

Jalur bawah tanah tersebut dilengkapi listrik, sistem penyaringan udara, pipa ledeng, ruang istirahat dan shalat, serta peralatan lainnya yang bertujuan untuk memungkinkan anggota senior Hamas tetap bersembunyi dalam waktu lama.

Terowongan itu kemudian dihancurkan oleh para insinyur tempur, kata IDF.

Pada hari Senin, Sinwar mengeluarkan pernyataan publik pertamanya sejak tanggal 7 Oktober, menyatakan pembangkangan, sambil terlalu membesar-besarkan pencapaian kelompok terornya dalam perang.

Sehari sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengeluarkan ancaman baru terhadap Sinwar, dengan mengatakan bahwa pemimpin Hamas akan segera “menjawab senjata kita.”

Pada tanggal 18 Desember, media Ibrani melaporkan bahwa pasukan IDF telah dua kali berhasil mencapai terowongan di Gaza dalam beberapa hari terakhir di mana mereka yakin Sinwar bersembunyi sebelum mereka tiba.

Pada tanggal 14 Desember, seorang pejabat senior pemerintahan Biden mengatakan kepada wartawan bahwa “dapat dikatakan” bahwa “hari-hari Sinwar tinggal menghitung hari”.

Sinwar diyakini bersembunyi di Khan Younis, setelah melarikan diri dari utara Jalur Gaza dengan bersembunyi dalam konvoi kemanusiaan menuju selatan pada awal perang kelompok teror tersebut dengan Israel.

Dia dijatuhi hukuman empat hukuman seumur hidup oleh Israel pada tahun 1989 karena merencanakan penculikan dan pembunuhan dua tentara Israel dan empat warga Palestina, tetapi dibebaskan 22 tahun kemudian sebagai bagian dari kesepakatan yang dibuat Israel untuk kembalinya tentara IDF yang ditangkap, Gilad Shalit.

Sinwar dituduh mengawasi persiapan dan perencanaan serangan tanggal 7 Oktober, di mana ribuan teroris pimpinan Hamas menyerbu Israel dari darat, udara dan laut, menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang.

Menanggapi serangan tersebut, yang paling mematikan dalam sejarah negara itu, Israel berjanji untuk melenyapkan Hamas dari Gaza dan mengakhiri kekuasaan mereka selama 16 tahun dan meluncurkan kampanye udara dan operasi darat berikutnya.

Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan pada Jumat, setidaknya 21.507 orang telah tewas di wilayah Palestina sejak perang dengan Israel pecah hampir 12 minggu lalu, termasuk 187 korban jiwa selama 24 jam terakhir. Sebuah pernyataan dari kementerian menambahkan bahwa 55.915 orang terluka di Gaza selama pertempuran tersebut.

Angka-angka yang dikeluarkan oleh kementerian tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen dan diyakini mencakup warga sipil dan anggota Hamas yang tewas di Gaza, termasuk akibat salah tembak roket yang dilakukan kelompok teror.

Menurut penilaian IDF, sekitar 8.500 anggota teror telah terbunuh di Gaza sejak dimulainya perang. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home