Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 07:56 WIB | Selasa, 10 Januari 2017

Pakistan Uji Coba Rudal Nuklir Kapal Selam Pertama Mereka

Pakistan uji rudal jelajah dari kapal selam di Samudera Hindia. (Foto: us.pressfrom.com)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM - Pakistan melancarkan tembakan uji-coba rudal kapal selam pertama mereka yang mampu membawa hulu ledak nuklir dan memberikan negara tersebut kemampuan untuk membalas serangan nuklir yang kredibel, ungkap pihak militer, hari Senin (9/1).

Rudal tersebut ditembakkan dari sebuah platform bawah air dan mengenai target dengan akurasi yang tepat, katanya dalam sebuah pernyataan.

Seorang juru bicara militer mengonfirmasi kepada AFP bahwa rudal tersebut, dengan jangkauan 450 km, bisa membawa sebuah hulu ledak nuklir.

"Babur-3 adalah varian Rudal Jelajah GLCM berbasis Babur-2, yang berhasil diuji coba pada awal Desember tahun lalu," kata pernyataan tersebut.

"Pakistan menargetkan pencapaian ini sebagai langkah untuk memperkuat kebijakan pencegahaan minimum yang kredibel."

Pakistan dan tetangganya India -- yang tiga kali berperang sejak merdeka dari Inggris pada 1947 -- secara rutin melakukan uji coba rudal sejak keduanya menunjukkan kemampuan senjata nuklir pada 1998.

Ketegangan antara dua negara tersebut menjadi semakin tinggi sejak sebuah serangan mematikan di pangkalan militer India di wilayah Kashmir pada September, yang New Delhi anggap dilakukan oleh kelompok Islamis Jaish-e-Mohammed yang berbasis di Pakistan. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home