Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 23:41 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

Paris Menyingkirkan Ratusan Ribu Gembok Cinta

Paris Menyingkirkan Ratusan Ribu Gembok Cinta
Para Petugas mulai menyingkirkan gembok di Jembatan Pont des Arts, Paris, karena dianggap telah merusak estetika dan membahayakan masyarakat. (Foto: dw.de)
Paris Menyingkirkan Ratusan Ribu Gembok Cinta
(Foto: montourdanslemonde.e-monsite.com)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Para petugas Paris, Prancis, mulai menyingkirkan ratusan ribu "gembok cinta" dari jembatan Pont des Arts, Senin (1/6), karena khawatir berat gembok dapat menyebabkan jembatan runtuh.

Jembatan Pont des Arts Paris telah populer di kalangan turis asing dan warga lokal yang ingin menandai cinta mereka dengan menggantungkan gembok di deretan pagar jembatan dan kemudian melemparkan kuncinya ke sungai Seine.

Akan tetapi, para pejabat dan warga Paris telah mengeluh ribuan gembok yang tergantung itu justru merusak pemandangan dan membahayakan keselamatan publik.

"Ini akhir dari gembok," kata Wakil Walikota Paris, Bruno Julliard, dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Deutsche Welle. "Sudah merusak estetika jembatan dan dapat menyebabkan kecelakaan," lanjutnya.

Tahun lalu, polisi setempat menyelamatkan wisatawan dari jembatan setelah bagian dari struktur runtuh akibat berat gembok.

Hampir 1 juta gembok akan disingkirkan dari Pont des Arts dan jembatan lainnya di Paris. Rencananya pagar jembatan akan ditutupi dengan panel seni jalanan, dan kemudian akhirnya diganti dengan kaca.

"Kami ingin Paris tetap menjadi kota cinta, kota asmara. Tetapi kami pikir, Paris tetap bisa menjadi kota cinta meski tanpa gembok cinta," kata Julliard.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home