Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 21:21 WIB | Kamis, 24 Desember 2015

Pasca Natal, Liga Primer Inggris Tetap Bertanding

Ilustrasi: Dua pesepak bola Manchester United, Wayne Rooney (jaket hitam kiri), dan Michael Carrick (jaket hitam, kanan) menyapa penggemar saat menyalakan lampu di pohon natal di depan Stadion Old Trafford, Manchester. (Foto: sportsmole.co.uk).

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Satu hari setelah natal tahun ini, mulai hari Sabtu (26/12) sampai dengan Minggu (3/1/2016) Kompetisi Sepak Bola Liga Primer Inggris menggeber sejumlah pertandingan, atau yang dalam istilah para pecinta Liga Primer Inggris disebut Boxing Day, padahal beberapa kompetisi sepak bola di negara Eropa lainnya menghentikan pertandingan untuk libur natal dan tahun baru.

Berbagi komentar bermunculan, namun komentar tersebut bukan bernada keluhan namun para personel tim yang menyatakan kesiapan dan semangat untuk menjalani laga pertandingan.

"Fans kami akan sangat menikmati hari Natal ini dan ini sangat bagus," kata pelatih Leicester City, Claudio Ranieri, hari Kamis (24/12) seperti diberitakan Sports Mole.

Ranieri menyadari laga menghadapi Liverpool pada hari Sabtu (26/12) di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris adalah bagian yang tidak dapat dihindari.

Ranieri rendah hati dengan menyebut materi timnya tidak dapat dibandingkan dengan klub top Liga Primer Inggris, namun dia tetap memerintahkan timnya bermain habis-habisan.   

“Saya sangat yakin  Leicester mampu menyelamatkan diri dari degradasi, dan sekarang kami di atas, artinya kami memiliki stamina yang fantastis, itu saja,” Ranieri menambahkan.

Leicester  ada di puncak Klasemen Sementara Liga Primer Inggris dengan 38 poin hasil dari 17 pertandingan, 11 kali memenangkan pertandingan, lima kali mendapat hasil imbang, dan satu kali mengalami kekalahan. Leicester mengungguli tim-tim yang lekat dengan tradisi juara Arsenal, Liverpool, Manchester City, dan Manchester United.

Menurut livescore.com, salah satu kompetisi sepak bola bergengsi dunia tersebut tidak menggelar pertandingan hanya pada saat Natal, hari Jumat (25/12) dan tahun baru, hari Jumat (1/1/2016).

Sementara itu di pertandingan lain, pelatih Arsenal, Arsene Wenger menyatakan kesiapan timnya untuk bertanding di Boxing Day ke Stadion Saint Mary, Southampton menghadapi tuan rumah Southampton, pada hari Minggu (27/12) walau ada beberapa pemain inti dari skuatnya yang dia pastikan belum sembuh dari cedera. 

Wenger menjelaskan  para pemain yang masih berkutat dengan cedera antara lain Alexis Sanchez, Danny Welbeck dan Santi Cazorla.

“Kami memiliki banyak pemain, walau tidak yang terbaik,” kata dia kepada wartawan.

“Kami harus benar-benar menjaga penampilan, karena periode ini (Boxing Day dan tahun baru, Red) merupakan fase tersulit, kami jangan sampai tergeser lagi,” kata dia.

Arsenal ada di peringkat kedua Liga Primer Inggris dengan 35 poin dari 17 pertandingan, saat ini poin yang dikumpulkan Arsenal sama dengan klub yang ada di peringkat ketiga Manchester City namun, tim arahan Arsene Wenger unggul dalam selisih gol.

Boxing Day

Makna Olahraga

Boxing Day bermakna religius dan olahraga, dalam penjabaran olahraga, seperti tertuang Wikipedia, tradisi ini adalah tradisi yang dianut bangsa Britania Raya yang tetap menggelar pertandingan di setiap cabang olahraga demi memuaskan para pecinta setiap cabang olahraga.

Di Inggris Raya, Liga Primer Inggris tetap berjalan seperti tertuang di jadwal di atas, sementara di Skotlandia melakukan hal yang sama yakni dengan tetap bergulirnya Scottish Premier League, termasuk NIFL (Liga Sepak Bola Profesional Irlandia Utara) tetap menggelar pertandingan. Tidak hanya di cabang olahraga sepak bola, namun liga rugby juga tidak ingin ketinggalan menggelar pertandingan.

Dahulu sebelum Kompetisi Liga Primer Inggris diorganisasi oleh Football Association (otoritas sepak bola Inggris), laga pada  Boxing Day adalah laga yang menyajikan hanya tim-tim amatir yang ada dalam satu kota yang sama saja, karena demi menghemat biaya transportasi  agar pendukung mereka tidak harus melakukan perjalanan jauh untuk pertandingan tandang.

Dalam praktiknya, Boxing Day yang sejak awal terkenal di kawasan Britania Raya, lambat laun menjadi hari  yang penting dalam kalender olahraga di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan.

Berbeda dengan Britania Raya yang mengandalkan sepak bola dan rugby, maka kriket adalah olahraga yang dipertandingkan saat Boxing Day di Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan.

Makna Religius

Boxing Day, dalam makna religius, seperti dicatat WhyChristmas.com, adalah hari peringatan yang dikenal satu hari setelah natal atau   tanggal 26 Desember setiap tahunnya, dan hanya dirayakan di beberapa negara.

Tradisi Boxing Day  dimulai di Inggris sekitar 800 tahun silam, selama Abad Pertengahan, hari itu disebut Boxing Day karena merupakan hari ketika  kotak sedekah  di gereja yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin dibuka sehingga isi dapat didistribusikan kepada penduduk miskin. 

Di Belanda, beberapa kotak untuk orang miskin tersebut  terbuat dari tembikar kasar  dan berbentuk seperti celengan. Sementara itu versi lain menyebut Boxing Day atau satu hari setelah natal adalah legenda Britania Raya  di Abad Pertengahan yang mengisahkan seorang raja membawa dan membagi-bagikan makanan untuk keluarga miskin.

Jadwal Liga Primer Inggris:

  • Hari Sabtu (26/12) malam WIB:  Stoke City vs Manchester United, Bournemouth vs Crystal Palace, Aston Villa vs West Ham United, Chelsea vs Watford, Liverpool vs Leicester City, Manchester City vs Sunderland, Swansea City vs West Bromwich Albion, Tottenham Hotspur vs Norwich City.
  • Hari Minggu (27/12) dini hari WIB:  Newcastle United vs Everton, Southampton vs Arsenal.
  • Hari Senin (28/12) malam WIB: Crystal Palace vs Swansea City, Everton vs Stoke City, Norwich City vs Aston Villa, Watford vs Tottenham Hotspur, West Bromwich Albion vs Newcastle United.
  • Hari Selasa (29/12) dini hari WIB: Arsenal vs Bournemouth, Manchester United vs Chelsea, West Ham United vs Southampton.
  • Hari Rabu (30/12) dini hari WIB:  Leicester City vs Manchester City.
  • Hari Kamis (31/12) dini hari WIB:  Sunderland vs Liverpool.
  • Hari Sabtu (2/1/2016) malam WIB:  West Ham United vs Liverpool,  Arsenal vs Newcastle United,  Leicester City vs  Bournemouth,  Manchester United vs Swansea City,  Norwich City vs Southampton,  Sunderland vs Aston Villa,  West Bromwich Albion vs Stoke City.
  • Hari Minggu (3/1/2016) dini hari WIB:  Watford vs Manchester City, Crystal Palace vs Chelsea, Everton vs Tottenham Hotspur.

 (livescore.com/ wikipedia.org/ whychristmas.com/ sportsmole.co.uk).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home