Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:41 WIB | Senin, 30 Agustus 2021

Pasukan Inggris Sepenuhnya Tinggalkan Afghanistan

Anggota angkatan bersenjata Inggris Brigade Serangan Udara 16 berjalan ke terminal udara setelah turun dari pesawat RAF Voyager di Brize Norton, Inggris, saat mereka kembali dari membantu operasi untuk mengevakuasi orang dari bandara Kabul di Afghanistan, hari Sabtu, 28 Agustus 2021. Lebih dari 100.000 orang telah dievakuasi dengan aman melalui bandara Kabul, menurut AS, tetapi ribuan lainnya berjuang untuk meninggalkan salah satu transportasi udara terbesar dalam sejarah. (Foto: AP/Alastair Grant/pool)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Inggris meninggalkan Kabul pada Sabtu (28/8), mengakhiri operasi evakuasi Inggris dan keterlibatan militernya selama 20 tahun di Afghanistan.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memuji upaya evakuasi "pahlawan", bahkan ketika pemerintah mengakui beberapa warga sipil Afghanistan yang memenuhi syarat telah ditinggalkan. Perwira tinggi militer Inggris mengakui bahwa “kami belum bisa mengeluarkan semua orang.”

Pemerintah Inggris mengatakan bahwa sekitar 1.000 tentara yang menjalankan pengangkutan udara warga negara Inggris dan warga sipil Afghanistan telah berangkat dari bandara Kabul, beberapa jam setelah penerbangan evakuasi terakhir untuk warga sipil. Sebagian besar negara selain Amerika Serikat sudah pergi.

Sebelum berangkat, duta besar Inggris untuk Afghanistan, Laurie Bristow, mengatakan dari bandara Kabul bahwa "sudah waktunya untuk menutup fase operasi ini sekarang."

"Tapi kami tidak melupakan orang-orang yang masih harus pergi," kata Bristow dalam sebuah video yang diposting di Twitter. “Kami akan terus melakukan segala yang kami bisa untuk membantu mereka. Kita juga tidak melupakan orang-orang Afghanistan yang pemberani dan sopan. Mereka berhak hidup damai dan aman.”

Inggris mengatakan telah mengevakuasi lebih dari 15.000 orang dari Kabul dalam dua pekan terakhir, tetapi sebanyak 1.100 warga Afghanistan yang berhak datang ke Inggris telah ditinggalkan. Beberapa anggota parlemen Inggris yang telah berusaha membantu konstituen yang terdampar dan keluarga mereka percaya bahwa jumlah sebenarnya lebih tinggi.

“Kami belum bisa mengeluarkan semua orang, dan itu sangat memilukan, dan ada beberapa penilaian yang sangat menantang yang harus dibuat di lapangan,” kata kepala angkatan bersenjata Inggris, Jenderal Nick Carter, kepada BBC.

Warga asing dari seluruh dunia dan warga Afghanistan yang bekerja dengan mereka telah berusaha untuk meninggalkan negara itu sejak pengambilalihan cepat oleh Taliban bulan ini setelah sebagian besar pasukan AS pergi. Sekitar 117.000 orang telah dievakuasi melalui bandara Kabul, menurut pejabat Amerika.

Eksodus yang kacau dan putus asa berubah menjadi mematikan pada hari Kamis, ketika seorang pembom bunuh diri menyerang kerumunan yang berkumpul di dekat bandara Kabul. Serangan itu menewaskan sedikitnya 169 orang Afghanistan dan 13 tentara Amerika. Dua warga negara Inggris dan anak warga Inggris lainnya juga termasuk di antara yang tewas.

Di London, orang-orang Afghanistan datang ke pusat nasihat Afghanistan dan Asosiasi Asia Tengah, putus asa untuk mendapatkan berita tentang teman dan kerabat.

Saraj Deen Safi mengatakan dia tidak dapat melakukan kontak dengan kerabat yang berada di dekat bandara Kabul sejak serangan bom hari Kamis. Dia mengatakan dia berharap mereka akan dapat mencapai negara Eropa yang aman, tetapi dia merasa "putus asa" karena kurangnya berita.

Sementara Inggris telah mengevakuasi ribuan mantan penerjemah dan orang lain yang bekerja dengan pasukan Inggris, koordinator program saran untuk asosiasi London, Shabnam Nasimi, mengatakan dia "hancur" bagi banyak orang lain yang telah "ditinggalkan."

“Dan ini termasuk jurnalis dan hakim, misalnya, yang secara langsung akan menjadi sasaran Taliban,” katanya. “Masa depan orang-orang ini sangat suram.”

Perdana menteri Inggris berjanji pada hari Jumat untuk mendapatkan lebih banyak orang dari Afghanistan ke Inggris dengan cara lain, meskipun tidak ada rincian konkret yang ditawarkan.

Pejabat Inggris berharap beberapa orang mungkin dapat meninggalkan Afghanistan melalui darat ke negara-negara tetangga, di mana klaim mereka untuk datang ke Inggris dapat diproses. Itu akan tergantung pada koordinasi dan kerja sama diplomatik, paling tidak dari Taliban.

Sekitar 150.000 tentara Inggris bertugas di Afghanistan pada tahun-tahun setelah invasi 2001 yang bertujuan untuk menyingkirkan Al-Qaeda dari negara itu, dan 457 personel Inggris tewas di sana.

Johnson mengatakan pada hari Sabtu bahwa pengerahan dua dekade Afghanistan bermanfaat meskipun kesudahannya kacau balau.

Dia mengatakan ini adalah “momen untuk merenungkan semua yang telah kami korbankan dan semua yang telah kami capai dalam dua dekade terakhir.”

“Tujuan kami di Afghanistan sederhana, untuk melindungi Inggris dari bahaya, dan Anda berhasil dalam misi utama itu,” kata Johnson dalam sebuah surat kepada angkatan bersenjata Inggris. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home