Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 11:08 WIB | Jumat, 06 Desember 2013

Patung Paus Fransiskus Hadir di Museum Lilin Roma

Patung lilin Paus Fransiskus. (Foto: live.huffingtonpost.com)

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus menjadi tokoh terbaru di museum lilin Roma, dengan hadirnya patung yang menggambarkan Paus sedang tersenyum dalam momentum bersejarah ketika ia muncul di balkon Basilika Santo Petrus setelah pemilihannya.

Para pengunjung sudah bertanya-tanya selama beberapa bulan mengenai kapan patung Paus Fransiskus akan dipajang, namun Direktur Museum Fernando Canini mengatakan kepada AFP ia menunggu persetujuan dari Vatikan.

“Semua orang mengatakan kepada kami bahwa kami melewatkan Paus Fransiskus,” kata Canini pada Kamis (5/12).

Ia menjelaskan proses pembuatan patung tersebut  dimulai dengan pembuatan model tanah liat berdasarkan foto-foto, yang memakan waktu sekitar tiga bulan.

“Dalam periode krisis itu, kami berharap Paus Fransiskus akan membantu meningkatkan arus pengunjung,” ia menambahkan.

Patung itu akan ditempatkan bersama patung Benediktus VXI, pemimpin Katolik Roma terdahulu, yang menjadi paus pertama yang mengundurkan diri sejak Abad Pertengahan.

Bagian kepala dan tangan patung  terbuat dari campuran silikon dan lilin yang biasanya digunakan dalam kedokteran gigi, sementara bagian tubuh lainnya terbuat dari kayu dan damar, dan dipakaikan jubah putih yang dikenakan oleh para paus.

Model tanah liatnya dibuat oleh seniman bernama Otello Scatolini, yang juga membuat patung penyanyi tenor asal Italia Luciano Pavarotti dan penyanyi rock Zucchero.

Canini menjelaskan, ia memilih untuk membuat patung tersebut tidak hanya mengunakan lilin karena bahan itu tidak bertahan lama, mengingat tingginya jumlah pengunjung yang diperkirakan ingin berfoto bersama sang paus. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home