Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:03 WIB | Rabu, 04 Januari 2017

Paul Ryan Kembali Terpilih Jadi Ketua DPR AS

Ketua DPR Amerika Serikat Paul Ryan mengambil sumpah anggota baru DPR saat pembukaan Kongres AS ke-115 di Capitol Hill, Washington, DC, 3 Januari 2017. (Foto: AFP/Jim Watson)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Legislator Amerika Serikat pada Selasa (03/01) menggelar sidang pengambilan suara untuk kembali mengangkat Paul Ryan sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat, membuatnya menjadi pemain penting di Kongres saat Donald Trump bersiap untuk dilantik menjadi presiden.

Ryan memenangkan 239 suara melawan 189 untuk kembali menduduki posisi paling penting di DPR, mengalahkan mantan ketua Nancy Pelosi. Lima anggota dewan lainnya memilih tokoh lain.

Ryan akan memimpin sesi Dewan Perwakilan Rakyat berikutnya selama dua tahun ke depan, yang akan dibuka pada Selasa – 17 hari sebelum pelantikan Trump.

“Suatu kehormatan bisa dipilih sebagai ketua Dewan untuk Kongres ke-15,” tulis Ryan di Twitter setelah hasilnya diumumkan.

Pemilihan kembali Ryan (46), yang menjadi calon wakil presiden dari partai Republik pada 2012, menandai kemenangannya, yang pernah terlibat perselisihan dengan Trump saat kampanye pemilu presiden dan bahkan menolak berkampanye bersama menjelang pemilu November.

Satu pekan setelah kemenangan mengejutkan Trump atas kandidat dari partai Demokrat Hillary Clinton, Ryan menegaskan bahwa dia dan kepemimpinan Republik di Dewan Perwakilan Rakyat “sejalan dengan presiden terpilih kita.” (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home