Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 21:09 WIB | Jumat, 07 Maret 2014

Paus Fransiskus Batal ke Tanah Suci karena Pemogokan Diplomat Israel

Paus Fransiskus menerima hadiah Harley Davidson.

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransiskus dipaksa membatalkan rencana kunjungannya ke Israel dan Palestina, yang berlangsung selama 24-26 Mei, karena pemogokan diplomat sedang berlangsung di Kementerian Luar Negeri Israel.

Sebuah sumber di kementerian yang dikonfirmasi untuk The Times of Israel pada Kamis (6/3) bahwa perjalanan Paus dibatalkan karena para diplomat Kementerian Luar Negeri saat ini mogok dan tidak dapat membuat pengaturan yang diperlukan untuk kunjungan setingkat pejabat tinggi negara.

Pembatalan kemungkinan akan menyebabkan “kerusakan yang besar secara ekonomi. Sebab, semua pendapatan wisata hilang saat kunjungan tamu-tamu tersebut,” kata sumber itu.

Pada awal Januari, Fransiskus mengumumkan bahwa ia akan mengunjungi Betlehem dan Yerusalem pada  Mei. Dia juga melakukan perjalanan ke Amman. Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa, menurut Vatikan, kunjungan Paus tidak akan bisa dijadwal ulang, hanya dibatalkan.

Pada Rabu, diumumkan bahwa Perdana Menteri Inggris David Cameron juga dipaksa untuk menjadwal ulang kunjungannya yang direncanakan ke Israel karena pemogokan tersebut. Cameron dijadwalkan akan berbicara di depan Knesset pada 12 Maret.

“Saya hanya tidak melihat bagaimana hal itu akan mungkin untuk terus maju dengan kunjungan tanpa kerja sama dari Kementerian Luar Negeri,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Yigal Palmor, Rabu.

Perjalanan Fransiskus adalah untuk memperingati ulang tahun ke-50 dari pertemuan bersejarah antara Paus Paulus VI dan pemimpin spiritual Kristen Ortodoks Patriark Ekumenis Atengora, di Yerusalem.

Perjalanan akan menjadi kunjungan kedua Paus ke Tanah Suci. Ia tiba di Israel pada 1973, saat Perang Yom Kippur pecah. Pastor muda, Jorge Mario Bergoglio menghabiskan enam hari di tengah konflik saat ada di hotel di Yerusalem. Di situ, ia mempelajari Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus.

Presiden Shimon Peres pertama mengundang Fransiskus untuk Israel begitu terpilih sebagai Paus, meminta dia untuk mengunjungi sebagai spiritual - bukan politik - pemimpin. “Semakin cepat Anda kunjungi, makin baik, dalam hari-hari ini, kesempatan baru sedang dibuat untuk perdamaian, dan kedatangan Anda bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan kepercayaan dan keyakinan dalam damai,” kata Peres kepada Paus pada saat itu.

Kedua pendahulunya juga mengunjungi Israel—Benediktus XVI pada 2009 dan Yohanes Paulus II pada 2000.

Pemogokan diplomat Israel juga mengancam rencana kunjungan Peres ke China, yang belum secara resmi dikonfirmasi, tetapi direncanakan untuk April. Kedutaan Israel di China mengatakan pekan ini bahwa itu menghentikan pekerjaan pada rencana kunjungan Peres ke Beijing, serta banyak proyek diplomatik lainnya, sebagai bagian dari sanksi kerja diprakarsai oleh pekerja yang menuntut upah yang lebih baik dari Kementerian Keuangan.

Serikat Pekerja, yang berjuang untuk gaji yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang lebih baik untuk melayani para diplomat di luar negeri, menerbitkan daftar lebih dari dua lusin tindakan yang diberlakukan pada Selasa. Misalnya, pejabat Departemen Luar Negeri tidak akan lagi bekerja sama dalam mengorganisir kunjungan presiden asing, perdana menteri, menteri luar negeri dan pejabat lainnya. Demikian juga, para diplomat selanjutnya akan menolak untuk membantu para pejabat Israel saat ini di luar negeri atau perencanaan perjalanan ke luar negeri. Tidak ada paspor diplomatik akan dikeluarkan dan “tidak ada bantuan apa pun” akan diberikan kepada para pejabat Israel di luar negeri. Selain itu, semua layanan konsuler kepada warga Israel ditangguhkan, pengecualian hanya akan dilakukan dalam kasus-kasus di mana kehidupan berada dalam bahaya, atau badan harus dikembalikan ke Israel untuk penguburan.

Selain itu, pelayanan untuk sementara menangguhkan kerja sama dengan instansi pemerintah, khususnya Departemen Keuangan, tetapi juga Shin Bet dan dinas intelijen Mossad dan IDF. Tidak ada kabel diplomatik yang dikirim oleh diplomat dan kursus taruna dan distribusi bahan diplomasi publik pro - Israel telah ditunda. Para diplomat telah diperintahkan untuk menghentikan kontak dengan PBB, termasuk Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Dewan Keamanan, dan organisasi internasional lainnya, termasuk misi penjaga perdamaian di perbatasan Israel, seperti UNIFIL dan UNDOF.

Musim panas lalu, Serikat Pekerja dimulai sanksi karya yang sama, yang ditangguhkan pada akhir Juli ketika para diplomat dan Departemen Keuangan sepakat untuk mendekati mediator. Tapi pembicaraan mogok awal pekan ini tanpa hasil. (timesofisrael/ynetnews.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home