Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:41 WIB | Senin, 29 Agustus 2016

Paus Fransiskus Ingin Kunjungi Lokasi Gempa Italia

Ilustrasi. Petugas pemadam kebakaran memeriksa puing-puing dan reruntuhan di desa Italia Amatrice yang hancur pada 27 Agustus 2016, tiga hari setelah gempa bumi berkekuatan 6,2 skala richter mengguncang daerah itu. (Foto: AFP/Andreas Solaro)

AMATRICE, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus mengatakan dia ingin berkunjung ke desa-desa yang dilanda gempa di Italia tengah, ketika para korban selamat dan pekerja penyelamat masih melakukan evakuasi jelang cuaca dingin, Minggu (28/8).

Berbicara kepada para jemaat di Lapangan Santo Peter di Roma, Fransiskus mengatakan bahwa dia ingin mengunjungi mereka yang dilanda gempa mematikan pada Rabu kemarin, yang menghancurkan beberapa desa pegunungan di daerah terpencil yang meliputi wilayah Umbria, Marche dan Lazio.

"Sesegera mungkin, saya berharap untuk datang dan menemui Anda, untuk memberikan Anda kenyamanan iman, kelembutan sebagai seorang ayah dan saudara," katanya.

Hampir 300 orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam gempa tersebut, dan meskipun upaya penyelamatan telah menurun, para pejabat memperingatkan masih ada kemungkinan dari belasan atau lebih jenazah yang masih tertimbun di bawah reruntuhan.

Dengan harapan untuk menemukan korban hidup lain yang masih terancam jiwanya, para petugas penyelamat dan para korban selamat kini mengalihkan perhatian mereka pada suhu yang mulai menurun dalam waktu dekat.

"Kami sedang bersiap-siap untuk musim dingin. Mengingat apa yang terjadi pada gempa lainnya, kami akan menghabiskan musim dingin di sini," kata Emidio Chaappini warga dari desa Sant'Angelo yang hancur oleh gempa tersebut.

Pemerintah berjanji untuk memberikan bantuan rekonstruksi dalam waktu dekat dan Chiappini mengatakan bahwa di berharap otoritas akan mengirimkan perumahan siap susun untuk persiapan menghalau udara dingin yang akan segera turun di wilayah pegunungan tersebut.

Pemerintah Italia telah memberikan dana bantuan segera sekitar 60 juta euro (sekitar Rp 891,8 miliar), yang akan didukung oleh dana sumbangan sekitar 10 juta euro (sekitar Rp 148,6 miliar). (AFP)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home