Loading...
RELIGI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:09 WIB | Kamis, 31 Maret 2016

PBNU Undang Jokowi Buka KTT Islam Moderat Mei 2016

Presiden Joko Widodo. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo‎ direncanakan membuka acara Internasional Summit of the Moderate Islamic Leaders (Isomil) yang akan diselenggarakan pada pertengahan bulan Mei 2016 mendatang di Kota Jakarta. Acara itu akan dihadiri oleh perwakilan pemimpin Islam moderat dari 70 negara.

“Kami menemui Bapak Presiden melaporkan akan diadakan International Summit of the Moderate Islamic Leaders pada 9 sampai 11 Mei ini,” kata Rais Am PBNU, Ma'ruf Amin, kepada sejumlah wartawan di Kompleks Istana Presiden, hari Kamis (31/3).

Ma'ruf menemui Jokowi bersama sembilan anggota PBNU lainnya, yaitu Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, Sekretaris Jenderal PBNU, Helmi Faisal Zainy, Ketua Fatayat, Anggia Ermariny, dan Ketua Umum GP Anshor Yahya Cholil Qaumas.

Kepada wartawan, Mar’ruf menyampaikan, dalam pertemuan sekitar 1,5 jam tersebut, Jokowi menyatakan kesiapannya untuk datang dan membuka acara Isomil.  Dalam acara itu, PBNU akan menjadi tuan rumah pertemuan internasional tersebut.

Ma'ruf menjelaskan Isomil di Jakarta nanti akan fokus pada solusi menyebarkan ajaran Islam yang moderat. Islam yang moderat yang dimaksud merujuk pada semangat Islam Nusantara yang cinta damai dan anti-kekerasan.

“Acara ini untuk menyamakan persepsi karena radikalisme dan terorisme makin menguat. Misalnya bom di Brussels, Ankara dan Lahore,” kata sosok yang merupakan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Oleh karena itu, dia menilai para pemimpin Islam moderat harus bersatu untuk menyuarakan langkah antisipasi pencegahan gerakan terorisme. Acara tersebut, kata Ma'ruf, juga menargetkan pembentukan deklarasi bersama, yang berangkat dari semangat Islam Nusantara.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home