Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:13 WIB | Sabtu, 26 Maret 2016

Pemain Belanda Bersikap Profesional, Tak Terpengaruh Kematian Cruyff

Ilustrasi: Para pemain tim nasional Belanda (seragam oranye), dan tim nasional Prancis (seragam putih) saat mengheningkan cipta di pertandingan persahabatan Belanda menjamu Prancis, hari Sabtu (26/3) dini hari WIB, di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Belanda. (Foto: express.co.uk).

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM – Pelatih kesebelasan Belanda, Danny Blind mengemukakan seluruh anggota skuat tim nasional Belanda bersikap profesional dalam bertanding sehingga tidak terpengaruh secara psikologis dengan kematian pesepak bola legendaris Belanda, Johan Cruyff.

“Saya rasa tidak (berpengaruh, red), mereka tetap bermain secara profesional,” kata Blind setelah pertandingan persahabatan Belanda menjamu Prancis, hari Sabtu (26/3) dini hari WIB, dan diberitakan situs berita sepak bola, Four Four Two.

Dalam laga di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Belanda, tuan rumah dipermalukan Prancis dengan skor 2-3.

Di babak pertama pertandingan sengaja dihentikan satu menit guna memberi penghormatan kepada legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff, yang meninggal dunia pada hari Kamis (24/3).

Para penonton di Stadion Amsterdam Arena memberikan aplaus dan membentangkan  spanduk besar bergambar replika wajah Johan Cruyff dengan kostum Belanda dan no. 14 di punggungnya.

Pesepak bola legendaris Belanda, Johan Cruyff  meninggal dunia karena bertarung dengan kanker paru-paru yang dia derita sejak lama.

“Pada Kamis (24/3). Johan Cruyff meninggal dunia di Barcelona, dan dikelilingi pihak keluarga, setelah sekian lama mengidap kanker,” demikian keterangan di situs pribadi dan dikutip ulang CNN International, hari Kamis (24/3).

“Kami merasa sedih yang sangat mendalam, keluarga mengucapkan terima kasih dan rasa hormat atas dukungan selama ini,” demikian lanjut pernyataan tersebut.

Johan Cruyff saat masih muda pernah membela Ajax Amsterdam (Liga Belanda) dan Barcelona (Liga Primera Spanyol). 

Blind Menolak Kritik

Blind menolak menjawab kritik bahwa timnya mengalami kekalahan karena kelemahan  koordinasi antar pemain.

“Lawan kami (tim nasional Prancis, red) adalah tim yang jauh berpengalaman, dan mereka difavoritkan di Euro  (Piala Eropa) 2016,” kata Blind.

Blind mengaku akan belajar banyak dari kekalahan tersebut, dan kemungkinan akan merombak susunan pemain di pertandingan persahabatan yang lain.  

Blind menyebut timnya mengalami kekalahan karena Prancis lebih bisa memanfaatkan peluang. “Mereka (tim nasional Prancis, red) memiliki banyak kesempatan mengancam gawang kami,” kata Blind.

Belanda seharusnya, kata Blind, mendapatkan hasil imbang 2-2, dan tidak perlu kecolongan gol ketiga, bagaimanapun juga Blind berjanji lain kali Belanda akan tampil lebih baik.

Dalam konferensi pers, gelandang tim nasional Belanda, Wesley Sneijder mengungkapkan kesedihannya karena setelah tim nasional Belanda menghadapi Prancis dia malah dinyatakan cedera.

“Saya harus menunggu visum dokter seberapa parah cedera dia,” kata Sneijder.

Saat  menghadapi Prancis, gawang Belanda kebobolan di menit keenam saat Antoine Griezmann mencetak gol bagi Prancis, penyerang tim nasional Prancis ini mengeksekusi bola tendangan bebas yang gagal diantisipasi kiper Belanda, Jasper Cillessen.

Olivier Giroud menggandakan kemenangan tim tamu menjadi 0-2 pada menit ke-13, penyerang tim nasional Prancis dan Arsenal (Inggris) ini mencetak gol  dengan memanfaatkan bola hasil umpan rekannya, Blaise Matuidi.

Belanda mulai bersemangat di babak kedua seperti yang mereka pertontonkan saat gelandang Belanda, Luuk De Jong menjebol gawang Prancis menit ke-47.

Penjaga gawang Prancis, Steve Mandanda, gagal menghalangi gelandang Belanda lainnya, Ibrahim Affelay yang mencetak gol penyeimbang menit ke-86.  

Tim nasional Belanda hampir bersuka cita karena kedudukan imbang 2-2, akan tetapi Blaise Matuidi membuyarkan hasil seri tersebut, karena gelandang tim nasional Prancis dan PSG ini mencetak gol penentu kemenangan Prancis menit ke-87. 

Matuidi mencetak gol setelah menerima umpan dari penyerang Prancis, Anthony Martial. Bola tendangan kaki kiri Matuidi gagal dihalangi penjaga gawang Belanda, Jasper Cillessen. Skor 2-3  bertahan sampai wasit meniupkan peluit akhir.

Hasil Pertandingan Persahabatan:

Jumat (25/3) dini hari WIB :  Gabon 2-1 Sierra Leone,  Armenia 0-0 Belarusia

Sabtu (26/3) dini hari WIB: Luksemburg 0-3 Bosnia Herzegovina, Slovakia 0-0 Latvia, Irlandia 1-0 Swiss,  Portugal 0-1 Bulgaria.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018:

Zona Amerika Selatan:

Hari Jumat (25/3) dini hari WIB: Bolivia 2-3 Kolombia, Ekuador 2-2  Paraguay, Cile 1-2  Argentina,  Peru 2-2 Venezuela. 

Hari Sabtu (26/3) dini hari WIB: Brasil 2-2 Uruguay. (fourfourtwo.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home