Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:25 WIB | Jumat, 25 Maret 2016

Legenda Sepak Bola Belanda, Johan Cruyff, Meninggal Dunia

Ilustrasi: Johan Cruyff semasa hidup. (Foto: theguardian.com).

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Pesepak bola legendaris Belanda, Johan Cruyff  meninggal dunia karena bertarung dengan kanker paru-paru yang dia derita sejak lama.

“Pada Kamis (24/3). Johan Cruyff meninggal dunia di Barcelona, dan dikelilingi pihak keluarga, setelah sekian lama mengidap kanker,” demikian keterangan di situs pribadi dan dikutip ulang CNN International, hari Kamis (24/3).

“Kami merasa sedih dan mendalam, keluarga mengucapkan terima kasih dan rasa hormat atas dukungan selama ini,” demikian lanjut pernyataan tersebut.

Cruyff saat masih muda pernah membela Ajax Amsterdam (Liga Belanda) dan Barcelona (Liga Primera Spanyol).  Salah satu pesepak bola yang memperkuat tim nasional Belanda di Final Piala Dunia 1974 itu menderita kanker paru-paru yang didiagnosa pada Oktober 2015 lalu.

Penghargaan yang pernah diterima Johan Cruyff antara lain Pesepak Bola Terbaik Eropa pada 1971, 1973, dan 1974,  dia membantu Ajax Amsterdam menjuarai Liga Belanda pada 1971, 1972, dan 1973. Ketika melatih Barcelona, ia membawa tim asal Provinsi Catalunia, Spanyol tersebut menuju kemenangan pertama di Liga Champions pada 1992 dan Liga Europa pada  1989.

Di bawah kepemimpinan Cruyff, Barcelona juga memenangkan empat kali berturut-turut Piala Raja Spanyol mulai dari 1990 sampai 1994. (cnn.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home