Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 15:38 WIB | Rabu, 11 Desember 2013

Pemenang Nobel Perdamaian 2013, OPCW: Senjata Kimia Harus Dilarang

Direktur Jenderal OPCW Ahmet Uzumcu. (foto:un.org)

OSLO, SATUHARAPAN.COM – Dengan mengingatkan betapa senjata kimia begitu mengerikan karena “membakar, membutakan, dan mencekik”, kepala OPCW berusaha membawa hadirin kepada sejarah senjata kimia dalam pidatonya saat upacara penerimaan Hadiah Nobel Perdamaian pada Selasa (10/12). Pemenang Nobel untuk kategori kedokteran, fisika, dan kategori lain juga menerima penghargaan mereka.

Ahmet Uzumcu, Direktur Jenderal Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), mengatakan perang menggunakan senjata kimia  merupakan “warisan sangat jahat,” sejak dari Perang Dunia I hingga serangan gas beracun di Suriah tahun ini.

“Anda tidak dapat melihatnya. Anda tidak dapat menciumnya. Dan, senjata kimia tidak memberikan kesempatan bagi penduduk untuk diperingatkan,” kata Uzumcu. OPCW mendapat penghargaan US$ 1,2 juta (Rp 14 miliar) di Oslo.

“Dan kita hanya perlu melihat nasib para korban serangan tersebut—orang ditakdirkan untuk menghabiskan sisa hidup mereka menderita sakit fisik dan psikologis tak tertahankan—untuk memahami mengapa senjata semacam itu harus dilarang,” katanya menambahkan.

OPCW dibentuk untuk menegakkan konvensi 1997 internasional tentang pelarangan senjata kimia. Mereka bekerja sebagian besar jauh dari pusat perhatian sampai tahun ini, ketika menerima misi yang paling menantang: mengawasi penghancuran stok senjata kimia di Suriah.

Hadiah Nobel Perdamaian diumumkan pada 11 Oktober, hanya beberapa hari sebelum Suriah resmi bergabung dengan OPCW sebagai negara anggota ke-190.

“Hal ini tentu saja merupakan tantangan besar bagi OPCW untuk mengelola penghancuran semua senjata tersebut dalam kondisi perang dan kekacauan yang berlaku di negara ini,” kata Ketua Komite Nobel Thorbjorn Jagland. “Para inspektur anonim dari OPCW melakukan pekerjaan yang sangat penting dan sulit.”

Jagland dan Uzumcu mengucapkan penghargaan kepada almarhum Nelson Mandela, yang berbagi Hadiah Nobel Perdamaian dengan FW de Klerk pada 1993. Mandela juga dihormati pada upacara terpisah untuk Hadiah Nobel lainnya di Stockholm pada Selasa (10/12).

Jagland meminta AS dan Rusia untuk mempercepat penghapusan stok mereka sendiri dan mendesak enam negara yang belum menandatangani atau meratifikasi konvensi senjata kimia—Angola, Korea Utara, Mesir, Sudan Selatan, Israel, dan Myanmar—untuk melakukannya.

Ketika hadiah diumumkan, beberapa orang di Suriah mengeluh bahwa tindakan mereka tidak akan berarti apa pun untuk mengakhiri pertumpahan darah yang dilakukan dengan senjata konvensional, kata Jagland dalam sambutannya.

Pada 21 Agustus 2013, serangan gas beracun menewaskan ratusan orang di pinggiran Damaskus Ghouta. Sedangkan, puluhan ribu orang tewas oleh senjata konvensional dalam pertempuran antara pasukan Presiden Bashar Assad dan pejuang oposisi sejak konflik dimulai pada Maret 2011.

“Jalan ke dunia yang lebih damai, bagaimanapun, adalah tetap penting untuk memerangi senjata yang paling mengerikan, senjata pemusnah massal,” kata Jagland.

Kategori Lain

Penghargaan Nobel di bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra dan ekonomi diberikan pada Selasa oleh Raja Swedia Raja Carl Gustaf XVI di Stockholm Concert Hall.

Pemenang Nobel Sastra, Alice Munro, 82, terlalu lemah untuk melakukan perjalanan ke ibu kota Swedia, jadi putri penulis cerita pendek penulis asal Kanada itu, Jenny Munro, mewakilinya untuk menerima penghargaan itu.

“Selama bertahun-tahun, banyak ilmuwan telah menerima penghargaan yang memang layak mereka di auditorium ini karena telah memecahkan beberapa teka-teki besar alam semesta,” kata sekretaris Swedish Academy, Peter Englund. “Tetapi, Anda, Alice Munro, seperti beberapa orang lain, telah memecahkan misteri terbesar: Hati dan pikiran dolak-dalik manusia.”

Keluarga Inggris Peter Higgs dan Francois Englert dari Belgia bersorak ketika mereka membungkuk tiga kali sesuai protokol Nobel. Mereka menerima hadiah fisika untuk teori-teori mereka pada partikel Higgs, yang membantu menjelaskan bagaimana partikel subatom mendapatkan massa mereka.

Ilmuwan berbasis Martin Karplus, Michael Levitt dan Arieh Warshel berbagi penghargaan kimia untuk mengembangkan model komputer yang kuat yang digunakan untuk memprediksi reaksi kimia.

James Rothman dan Randy Schekman dari Amerika dan Dr Thomas Südhof keturunan Jerman - Amerika mendapat Nobel Kedokteran untuk terobosan mereka dalam menjelaskan bagaimana sistem transportasi dalam sel pekerjaan kita.

Penghargaan ekonomi—bukan Hadiah Nobel asli tapi dibuat pada 1968 untuk menghormati bank sentral Swedia—diberikan kepada orang Amerika: Eugene Fama, Lars Peter Hansen, dan Robert Shiller untuk metode mereka pada tren belajar di pasar aset.

Polisi mengatakan mereka menahan empat laki-laki bugil yang mencoba menyelinap melalui lorong luar Concert Hall. Juru bicara polisi, Tove Hagg, mengatakan mereka diduga melakukan kekacauan dan masuk tanpa izin.

Sebelum upacara, sekelompok penulis dan seniman China mengatakan mereka akan “berjalan bugil” untuk mengingatkan dunia bahwa pemenang Nobel Perdamaian 2010 asal China, Liu Xiaobo, masih di dalam penjara. Hal itu tidak segera menjelaskan bahwa orang-orang yang ditahan itu adalah bagian dari kelompok itu.

Upacara penghargaan selalu diadakan pada 10 Desember, hari kematian pendiri Hadiah Nobel Alfred tahun 1896. (huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home