Loading...
FOTO
Penulis: Eben Ezer Siadari 12:04 WIB | Selasa, 10 Februari 2015

Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins

Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins
Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, dengan celana jins hitam ketika akan bertemu dengan Kanselir George Osborne di London, Inggris (Foto: Matt Dunham/AP Photo)
Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins
Gabriel Sakellaridis (kanan), mengenakan jins biru ketika mendampingi Tsipras saat akan dilantik menjadi perdana menteri Yunani pada 27 Januari lalu (Foto: Milos Bicanski/Getty Images)
Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins
Pablo Iglesias, Sekjen Partai Podemos di Spanyol, mengenakan celana jins biru dalam konferensi partai itu Desember lalu di Barcelona (Foto: Milos Bicanski/Getty Images)
Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins
Pedro Sánchez, pemimpin Partai Sosial Spanyol (kiri) mengenakan jins biru dengan latar belakang PM Italia, Matteo Renzi, PM Prancis Manuel Valls, dan Pemimpin Partai Buruh Belanda, Diederik Samsom pada sebuah pertemuan di Bologna, Italia. (Foto: Luigi Mistrulli/Sipa/AP)
Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins
PM Italia, Matteo Renzi, dalam sebuah kampanye di Roma, Mei 2014 (Foto: Franco Origlia/Getty Images)
Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins
Beppe Grillo, pelawak, blogger dan salah satu pendiri Five Star Movement Italia, dengan para pendukungnya dalam sebuah pawai di Roma April 2013.
Pemimpin Eropa Berlomba Pakai Celana Jins
Bahkan politisi sayap kanan seperti mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, pun tidak ragu mengenakan jins. Dalam foto tampak ia meninggalkan sebuah hotel di Paris, seusai ia memenangi Pilpres pada 2007. (Foto: Pierre Hounsfield/Gamma-Rapho via Getty Images)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM - Dipelopori oleh Alexis Tsipras, pemimpin politik muda Yunani yang terpilih jadi perdana menteri, kini celana jins menjadi asesori penting yang tidak boleh terlupakan oleh hampir semua pemimpin politik populis di Eropa.

Alexis Tsipras yang baru dua minggu duduk di kursi perdana menteri, telah membuat banyak  kalangan Eropa tidak nyaman, dengan kebiasaan berbusananya yang kasual, menghindari dasi, dan mengenakan celana jins pada peristiwa-peristiwa politik penting.

Keberhasilannya menarik simpati rakyatnya, rupanya telah mengundang minat pemimpin-pemimpin muda Eropa lainnya untuk meniru gaya berbusana serupa. Sekarang, di seluruh Eropa, demikian Natalie Kitroeff and Dimitra Kessenides, dua wartawan Bloomberg menulis, "para politisi telah membuat pernyataan visual yang baru tentang komponen yang harus dimiliki setiap pemimpin populis, yaitu celana jins."

Hal itu  terlihat dari foto- foto yang diabadikan oleh sejumlah fotografer dan dilansir oleh Bloomberg.  Pandanglah misalnya, gaya Yanis Varofakis, menteri keuangan Yunani yang baru. Ia mengenakan celana jeans hitam dan jaket berkilau ketika tiba di Inggris untuk bertemu dengan Kanselir George Osborne.

Pada foto lain, tampak Gabriel Sakellaridis, direktur komunikasi Tsipras yang mengenakan celana jins biru tatkala mendampingi Tsipras menjelang dilantik sebagai perdana menteri.

Bagi Pablo Iglesias, sekjen Partai Podemos yang lagi naik daun di Spanyol, celana jins biru hampir tak pernah ketinggalan. Celana jins mewarnai penampilannya dalam berbagai kesempatan.

Tidak ketinggalan pula Padre Sanchez, pemimpin Partai Sosialis Spanyol. Dalam sebuah foto, tampak menonjol dalam balutan celana jins dibandingkan dengan busana klasik PM Italia, Matteo Renzi, PM Prancis, Manuel Valls dan pemimpin Partai Buruh Belanda, Diederik Samsom di sebuah pertemuan di Bologna.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home