Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:03 WIB | Rabu, 15 Januari 2014

Pemkab Karo Pantau Perkembangan Bantuan Pengungsi Sinabung

Gunung Sinabung terus meletus dan mengeluarkan lava pijar. (Foto: dari gbkp.or.id)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM  - Koordinator Media Center Penanggulangan Bencana Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Tarigan dihubungi dari Medan, Selasa (14/1) mengatakan, Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dan Satgas Penanggulangan Bencana Sinabung, terus memantau perkembangan bantuan makanan dan logistik yang disalurkan donatur kepada korban erupsi Gunung Sinabung di daerah tersebut.

"Pemkab Karo, instansi terkait dan Satgas Penanggulangan Bencana Sinabung terus bekerja di lapangan untuk mengetahui persediaan logistik pengungsi tersebut," katanya.

Lebih lanjut Jhonson menjelaskan, pemantauan tersebut dilakukan, untuk mengetahui perkembangan apakah persediaan makanan pengungsi masih banyak di Posko Penampungan atau mengalami kekurangan.

"Ini harus diantisipasi Pemkab Karo dan Satgas Penanggulangan Bencana Sinabung jangan sampai logistik untuk pengungsi yang berada di penampungan menipis atau mengalami kekurangan," jelasnya.

Dia menyebutkan, jika stok logistik berupa beras kurang, Pemkab Karo berkoordinasi dengan Kantor Bulog yang ada di daerah tersebut sehingga dapat terus tercukupi.

"Persediaan beras bagi pengungsi Sinabung masih cukup dan tidak pernah kurang, hal ini harus tetap dipertahankan," terang Jhonson.

Namun, jelasnya, yang perlu diperhatikan adalah mengenai lauk pauk dan sayur-sayuran untuk pengungsi dan kalau habis harus secepatnya dicarikan.

"Jangan sampai para pengungsi tersebut terganggu, karena mereka yang tinggal di lokasi pengungsian itu cukup capek dan susah," tegas Jhonson.

Lanjutnya menambahkan, Pemkab Karo tidak hanya menangani mengenai logistik pengungsi, tetapi juga mengurus warga yang sakit, Ibu yang lagi hamil dan anak-anak yang bersekolah.

"Pemkab Karo, saat ini juga sedang memikirkan penambahan tempat pengungsi,karena jumlah warga yang meninggalkan desa mereka setiap hari terus bertambah," kata Jhonson.

Data yang diperoleh di Posko Penanggulangan Bencana Sinabung di Kabanjahe, mengenai jumlah pengungsi, Selasa (14/1) bertambah menjadi 26.088 orang atau 8.103 kepala keluarga. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home