Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 07:53 WIB | Senin, 26 Januari 2015

Pemprov DKI akan Bangun Pembangkit Listrik Kapasitas Kecil

Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: beritajakarta.com)
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerinta Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai 2015 berencana membangun pembangkit listrik dengan kapasitas kecil (mini power plant) bertenaga gas (PLTG). Pembangunan mini power plant ini bertujun untuk menghemat penggunaan energi listrik dan mengurangi ketergantungan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN).
 
"Kita akan menuju ke keandalan kelistrikan di Jakarta. Dengan keandalan ini kita bikin mini-mini power plant. Itu harapan Pak Gubernur," kata Haris Pindratno, ‎Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta pada Minggu (25/1).
 
Penggunaan mini power plant yang berfungsi selayaknya mesin genset akan digunakan di gedung DPRD DKI dan Balai Kota sebagai pilot project‎ atau lokasi uji coba.
 
Sebagai tahap awal, kata Haris, mini power plant akan diujicobakan di gedung DPRD DKI dan Balai Kota serta lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.
 
"‎Mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB, mini power plant digunakan untuk daya listrik gedung DPRD dan Balai Kota. Kemudian pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB untuk lampu PJU," katanya.
 
Ia menyampaikan, pergantian sumber energi listrik ke gas di gedung DPRD DKI dan Balai Kota ini akan dilakukan tanpa mengubah jaringan listrik yang ada sebelumnya. Jaringan listrik lama yang terdapat di gedung pemerintahan tersebut tinggal disesuaikan dengan sistem switch (tukar).
 
"Tinggal pakai sistem switch saja, jaringan enggak perlu diubah," kata dia. 
 
Menurut Haris, penggunaan mini power plant bisa langsung direalisasikan setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI cair.
 
‎"Kita juga bisa cari dana dari corporate social responsibility (CSR)," Haris menambahkan. (beritajakarta.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home