Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 20:37 WIB | Rabu, 19 Oktober 2016

Pemprov DKI Mulai Renovasi Rusun

Ilustrasi. Kondisi rumah susun. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai merenovasi beberapa rumah susun atau rusun yang kondisinya rusak parah dan atapnya bocor.

"Ada beberapa rusun yang harus segera kami perbaiki karena kondisinya sudah rusak dan bocor, karena pembangunannya tidak sesuai dengan standar," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, hari Rabu (19/10).

Selain karena kondisinya yang sudah rusak dan bocor, menurut dia, perbaikan rusun juga dilakukan mengingat adanya rencana pembangunan rusun yang dibatalkan pada tahun ini.

"Tahun ini kan ada rencana pembangunan beberapa rusun yang dibatalkan karena kontraktornya masih kurang kompeten. Oleh karena itu, kami lakukan renovasi saja sekaligus di beberapa rusun," kata Basuki.

Dia menuturkan beberapa rusun yang direnovasi itu, antara lain Rusun Marunda, Rusun Daan Mogot dan Rusun Penjaringan. Renovasi itu dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta.

Lebih lanjut, sambung dia, saat ini pihaknya lebih selektif dalam menerima pemenang lelang untuk pembangunan rusun. Dia mengaku tidak ingin rusun dibangun dengan kualitas yang tidak sesuai dengan standar.

"Pokoknya, saya tidak mau rusun-rusun di Jakarta dibangun dengan kualitas yang tidak baik, misalnya cat mudah mengelupas, bocor, cornya tidak kuat dan lain-lain. Makanya, kami lebih selektif," tutur Basuki.

Ke depannya, mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan, pihaknya akan membangun beberapa rusun di wilayah ibu kota dengan konsep hijau atau green building.

Kemudian, ujar dia, rusun akan dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta dan juga memanfaatkan kewajiban pengembang. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home