Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:59 WIB | Rabu, 19 April 2023

Pengamanan Mudik 2023, Pemerintah Dirikan 2.787 Pos Pengamanan dan Pelayanan

Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, ketika gelar Operasi Ketupat 2023. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Polri mendirikan ribuan posko Operasi Ketupat yang memberikan pelayanan untuk pengamanan pemudik pada libur Lebaran 2023.

Pelayanan dan pos terpadu itu tersebar di sejumlah tempat di seluruh wilayah Indonesia. Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut terwujud dari sinergitas seluruh stakeholder dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1444H, dengan melibatkan ratusan ribu personel aparat.

“Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 posko,” kata Kapolri, Senin (17/4/23). Ada 1.850 pos pengamanan (Pospam), 713 pos pelayanan (Posyan), dan 217 Pos terpadu.

“Pos pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi pengaturan lalu lintas dan rekayasa lalu lintas, serta memastikan keamanan termasuk pada pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya,” katanya lebih lanjut.

Sementara 713 posko pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan berbagai layanan lainnya. Sedangkan 217 posko terpadu yang berfungsi untuk pusat operasi.

Pos tersebut terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dillengkapi command center terpadu,” kata Kapolri.

Dalam Operasi Ketupat 2023 ini, Polri membagi lima wilayah utama di Pulau Sumatera, dan Jawa, serta pengendalian secara kewilayahan di setiap Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai posko operasi terpusat.

“Melibatkan 148,261 personel gabungan terdiri atas TNI, Polri, kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka dan mitra Kamtibmas lainnya,” kata Kapolri.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home