Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 21:38 WIB | Sabtu, 10 Juni 2023

Penjualan Real Estate di Yerusalem Ancam Eksistensi Komunitas Armenia

Penjualan Real Estate di Yerusalem Ancam Eksistensi Komunitas Armenia
Anggota komunitas Armenia memprotes kesepakatan kontroversial yang akan menggusur penduduk dan menyerahkan sebagian besar Kawasan Armenia di Kota Tua Yerusalem, Jumat, 19 Mei 2023. Kejatuhan dari sewa 99 tahun 25% tanah Yerusalem Armenian Quarter telah memaksa otoritas tertinggi gereja Armenia untuk menyendiri di sebuah biara dan mendorong seorang pendeta yang dipermalukan untuk melarikan diri ke California selatan. (Foto-foto: dok. AP/Maya Alleruzzo)
Penjualan Real Estate di Yerusalem Ancam Eksistensi Komunitas Armenia
Pandangan pada tempat parkir yang merupakan bagian dari kesepakatan kontroversial di Kawasan Armenia di Kota Tua Yerusalem, Selasa, 30 Mei 2023. Sewa selama 99 tahun atas sekitar 25% Kawasan Armenia di Yerusalem telah menyentuh saraf sensitif di Tanah Suci dan memicu kontroversi yang meluas jauh melampaui benteng Kota Tua.

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Kesepakatan real estate di Kota Tua Yerusalem, di pusat konflik Israel-Palestina, telah membuat komunitas bersejarah Armenia di sana menjadi panik ketika penduduk mencari jawaban tentang ketakutan kehilangan rumah mereka kepada seorang investor misterius.

Sewa selama 99 tahun dari sekitar 25% Kawasan Armenia di Kota Tua telah menyentuh saraf sensitif di Tanah Suci dan memicu kontroversi yang meluas jauh melampaui tembok Kota Tua. Kejatuhan itu telah memaksa otoritas tertinggi Gereja Ortodoks Armenia untuk menyendiri di sebuah biara dan mendorong seorang pendeta yang diduga berada di balik kesepakatan itu untuk melarikan diri ke pinggiran kota Los Angeles.

“Jika mereka menjual tempat ini, mereka menjual hati saya,” kata Garo Nalbandian, jurnalis foto berusia 80 tahun, tentang barak era Ottoman tempat dia tinggal selama lima dekade di antara komunitas Armenia yang semakin berkurang. Nenek moyang mereka datang ke Yerusalem lebih dari 1.500 tahun yang lalu dan kemudian setelah 1915, ketika Turki Ottoman membunuh sekitar 1,5 juta orang Armenia dalam apa yang secara luas dianggap sebagai genosida pertama abad ke-20.

Kekhawatiran atas sewa menyebar pada bulan April, menyusul kunjungan mendadak oleh surveyor tanah Israel. Tersiar kabar bahwa seorang investor Australia-Israel, yang tanda perusahaannya muncul di situs, berencana mengubah tempat parkir dan benteng batu kapur dari apartemen dan toko Armenia menjadi hotel yang sangat mewah.

Saat kemarahan, kebingungan, dan ketakutan akan kemungkinan penggusuran meningkat, patriarkat Armenia, badan yang mengelola urusan sipil dan agama masyarakat, mengakui bahwa gereja telah menandatangani sepetak tanah. Patriark Armenia, Nourhan Manougian, menuduh bahwa seorang imam yang sekarang dicopot memikul tanggung jawab penuh atas kesepakatan "curang dan menipu" yang menurut sang patriark terjadi tanpa sepengetahuannya sepenuhnya.

Pengakuan itu mengobarkan semangat di Armenian Quarter, di mana para aktivis mengecam kesepakatan itu sebagai ancaman terhadap kehadiran lama komunitas Armenia di Yerusalem. Jordan, dengan ikatan bersejarahnya dengan situs-situs Kristen Yerusalem, mengatakan pihaknya mengkhawatirkan “masa depan kota suci.”

Pejabat Palestina menuduh Manougian membantu Israel dalam pertempuran selama puluhan tahun antara Israel dan Palestina atas sebuah kota yang diklaim kedua belah pihak sebagai ibu kota mereka. Bagi warga Palestina, perjuangan atas real estate seperti itu adalah pusat dari konflik yang telah berlangsung puluhan tahun, simbol dari apa yang mereka lihat sebagai upaya Israel yang lebih luas untuk menyingkirkan mereka dari wilayah strategis di Yerusalem timur.

“Dari sudut pandang Palestina, ini adalah pengkhianatan. Dari sudut pandang aktivis perdamaian, ini melemahkan kemungkinan solusi untuk konflik tersebut,” kata Dimitri Diliani, presiden Koalisi Kristen Nasional Tanah Suci.

Dalam langkah dramatis, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan Raja Yordania, Abdullah II, menangguhkan pengakuan Manougian, patriark yang telah menjabat selama dekade terakhir dalam posisi yang biasanya seumur hidup. Itu membuatnya tidak bisa menandatangani kontrak, melakukan transaksi dan membuat keputusan di wilayah Palestina dan Yordania.

Pendeta yang mengoordinasikan kesepakatan itu, Baret Yeretsian, digulingkan, diserang oleh segerombolan pemuda Armenia yang marah dan dibawa pergi oleh polisi Israel sebelum mencari perlindungan di California Selatan. Manougian telah membarikade dirinya sendiri di biara Armenia, tidak mau atau tidak dapat terlihat di depan umum, menurut penduduk.

“Lapangan ini adalah segalanya bagi saya. Itu satu-satunya tempat yang kami miliki bagi orang Armenia untuk berkumpul di Tanah Suci,” kata pemimpin komunitas berusia 22 tahun Hagop Djernazian. "Kita harus berjuang untuk itu."

Lapangan itu adalah rumah bagi sekitar 2.000 orang Armenia dengan status yang sama dengan warga Palestina di Yerusalem timur yang dicaplok Israel, penduduk tetapi bukan warga negara, secara efektif tanpa kewarganegaraan. Israel mencaplok Yerusalem timur, di mana Kota Tua berada, setelah merebutnya pada tahun 1967, sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional.

Selama sebulan terakhir, terakhir hari Jumat lalu, pengunjuk rasa telah membentuk rantai manusia di sekitartempat itu dan berkumpul di bawah jendela Manougian, meneriakkan "pengkhianat" dan menuntut agar dia berterus terang tentang siapa yang telah menyewa tanah dan bagaimana caranya.

Sementara gereja Armenia menolak untuk mengungkapkan rincian tentang penjualan tersebut, Yeretsian mengidentifikasi investor tersebut sebagai pengusaha Australia-Israel, Danny Rothman. Sebagai manajer real estate gereja, Yeretsian mengatakan dia bertindak atas permintaan bapa bangsa.

Ada sangat sedikit informasi yang tersedia tentang Rothman, yang juga menggunakan nama belakang Rubinstein, menurut keputusan peraturan Siprus 2016 yang mendenda dia karena memalsukan latar belakang akademisnya.

Halaman LinkedIn-nya menggambarkan dia sebagai ketua perusahaan hotel bernama Xana Capital. Catatan menunjukkan firma itu, dibentuk di Uni Emirat Arab, terdaftar di Israel pada Juli 2021. Beberapa pekan kemudian, selusin pendeta Armenia memberikan peringatan pertama tentang kesepakatan properti yang dicapai tanpa persetujuan mereka.

Sebuah tanda baru-baru ini muncul menandai tempat parkir Armenia sebagai milik Xana Capital. Rothman, yang berbasis di London, menolak berkomentar ketika dihubungi oleh The Associated Press. “Saya tidak pernah diwawancarai oleh pers. Saya orang pribadi,” katanya sebelum menutup telepon.

Pendeta yang mengasingkan diri, Yeretsian, mengatakan bahwa Rothman berencana untuk mengembangkan resor kelas atas di Kawasan Armenia. Proyek tersebut, tambahnya, akan dikelola oleh perusahaan hotel One&Only yang berbasis di Dubai, di Uni Emirat Arab, yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel pada tahun 2020. Kesepakatan itu tampaknya menjadi salah satu yang paling terkenal, dan controversial, untuk keluar dari ikatan bisnis yang ditempa di bawah perjanjian yang ditengahi AS yang dikenal sebagai Abraham Accords.

Kementerian Luar Negeri Israel menolak berkomentar, dengan alasan sensitivitas politik.

Kerzner International, pemilik One&Only Resorts, juga menolak berkomentar. Perusahaan yang berbasis di Dubai hanya mengatakan bahwa mereka “selalu menjajaki peluang untuk mengembangkan portofolio resor ultra mewahnya.”

Arsitek terkenal Israel, Moshe Safdie, mengatakan kepada AP bahwa Rothman akan mendanai proyek tersebut dan dia akan merancangnya. Konstruksi, katanya, akan dimulai setelah penggalian di tempat parkir. Tidak jelas apakah warga akan digusur, tetapi patriarkat berjanji akan membantu setiap warga yang mengungsi.

Kisah tersebut mencerminkan perjuangan atas politik dan real estate yang telah membingungkan Tanah Suci selama berabad-abad.

Investor Yahudi di Israel dan luar negeri telah lama berusaha untuk membeli properti Yerusalem timur. Perempatan Armenia diinginkan karena berbatasan dengan Perempatan Yahudi dan Tembok Barat, tempat paling suci di mana orang Yahudi dapat berdoa.

Tujuan mereka adalah untuk memperluas kehadiran Yahudi di Yerusalem timur, memperkuat kontrol Israel atas bagian kota yang diklaim oleh Palestina sebagai ibu kota mereka.

Skandal yang melibatkan penjualan tanah kepada pemukim Yahudi sebelumnya telah melibatkan Gereja Ortodoks Yunani, penjaga banyak situs Kristen di wilayah tersebut.

Dua dekade lalu, Gereja Yunani menjual dua hotel yang dikelola warga Palestina di Kota Tua kepada perusahaan asing yang bertindak sebagai kedok bagi kelompok pemukim Yahudi. Kesepakatan rahasia menyebabkan jatuhnya patriark Yunani dan memicu kegemparan internasional.

Yeretsian, di California, menepis kekhawatiran akan pengambilalihan Lapangan Armenian oleh pemukim Israel sebagai "propaganda" yang semata-mata didasarkan pada identitas Yahudi Rothman.

“Niatnya bukan untuk menyahudikan tempat itu,” katanya, mengklaim bahwa Rothman tidak memiliki agenda politik. Dia bersikeras bahwa patriark Armenia sepenuhnya terlibat dalam negosiasi jangka panjang dan secara pribadi menandatangani kontrak.

“Saya melakukan pekerjaan saya dengan setia demi kepentingan terbaik patriarkat,” katanya, menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang sewa yang katanya akan berakhir setelah satu abad. Patriarkat menolak untuk mengatakan apa yang akan dilakukan dengan uang dari kesepakatan itu.

Sementara itu, orang-orang Armenia di Yerusalem, yang telah lama diperintah oleh kekuatan asing, terlantar akibat perang dan terjepit di antara orang Israel dan Palestina, diliputi rasa takut yang mengganggu. “Tanah kami dibeli sedikit demi sedikit dengan darah dan keringat,” kata warga Setrag Balian, 26 tahun. “Dengan satu tanda tangan, mereka diberikan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home