Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Sabtu, 18 Februari 2023

Perang Ukraina Mendominasi Konferensi Keamanan Internasional Munich

Foto dari Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat, 17 Februari 2023, mortir 120 mm tentara Rusia menembaki pasukan Ukraina di lokasi yang dirahasiakan. (Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)

MUNICH, SATUHARAPAN.COM  - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, memberikan pidato pembukaanpada hari  Jumat (17/2) pada konferensi tahunan besar tentang kebijakan keamanan internasional, di mana invasi Rusia ke Ukraina diperkirakan akan mendominasi acara tersebut setelah hampir satu tahun perang yang telah menghasilkan dampak di seluruh dunia.

Sekitar 40 kepala negara dan pemerintahan, serta politisi dan pakar keamanan dari hampir 100 negara, termasuk Amerika Serikat, Eropa dan China, diperkirakan menghadiri Konferensi Keamanan Munich selama tiga hari di Jerman. Zelenskyy berpartisipasi melalui tautan video.

Untuk pertama kalinya dalam dua dekade, penyelenggara konferensi tidak mengundang pejabat Rusia. Negara-negara Barat berusaha untuk mengisolasi Rusia secara diplomatis atas invasi Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022.

Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius, mengatakan perang Rusia di Ukraina akan membayangi proses tersebut. Pejabat dan analis Barat mengatakan konflik tersebut mendekati fase kritis saat memasuki tahun kedua pekan depan.

Perang itu “bukan hanya konflik Eropa” tetapi memiliki implikasi jauh melampaui benua itu, kata Pistorius. Perekonomian di seluruh dunia terhuyung-huyung akibat dampak perang terhadap pasokan biji-bijian, harga energi, dan inflasi.

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, ditetapkan untuk bergabung dengan para pemimpin Prancis, Jerman, dan Inggris di konferensi Munich.

Pada konferensi yang sama tahun lalu, yang diadakan hanya beberapa hari sebelum Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengirim pasukan ke Ukraina, Harris berbagi peringatan AS bahwa Rusia akan menyerang tetangganya dan berkata, keadaan yang mengerikan.”

Dalam pidato yang dijadwalkan pada hari Sabtu, wakil presiden akan menjelaskan apa yang dipertaruhkan dalam perang dan mengapa itu penting, untuk mendukung upaya mempertahankan dukungan AS untuk Ukraina selama diperlukan, kata Gedung Putih.

Ukraina bergantung pada senjata Barat untuk menggagalkan ambisi Putin mengamankan kendali atas wilayah yang luas di negara itu, yang telah menjadi ujian tekad pemerintah di tengah meningkatnya biaya keuangan.

Zelenskyy menggambarkan Ukraina membela nilai-nilai kebebasan dan demokrasi Barat melawan tirani dan berpendapat bahwa negaranya perlu dipersiapkan dengan baik untuk menangkis kekuatan Rusia yang jauh lebih besar. Negara-negara Barat memihaknya, tetapi kadang-kadang mereka lamban memenuhi permintaannya.

Kiev, setelah menerima janji tank dan lebih banyak amunisi dari Barat, sekarang mengharapkan jet tempur, tetapi beberapa negara menolak keras untuk mengirimnya.

Frans Timmermans, wakil presiden eksekutif komisi eksekutif Uni Eropa, mengatakan 27 negara Uni Eropa sejauh ini telah mempertahankan persatuan dalam masalah ini.

“Saya pikir semua orang dapat melihat betapa pentingnya bagi Ukraina untuk memenangkan perang ini,” kata Timmermans. “Ini juga penting untuk Eropa kita, karena Putin tidak hanya menyerang Ukraina, dia juga menyerang kita dalam arti dia tidak mendukung nilai-nilai kita.”

Dia mengatakan penting untuk memperjelas bahwa Eropa akan mendukung Ukraina selama perang berlangsung. "Putin dalam kesulitan," kata Timmermans, menambahkan bahwa pemimpin Rusia itu akan berusaha untuk memberikan tekanan militer yang berat pada Ukraina dalam beberapa pekan dan bulan mendatang.

Timmermans juga mengungkapkan harapan bahwa China dapat menekan Rusia untuk mengakhiri perang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home