Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:27 WIB | Jumat, 04 Juli 2014

Prediksi Piala Dunia 2014: Argentina vs Belgia

Perempat Final Piala Dunia 2014: Argentina vs Belgia (Foto: satuharapan.com)

SATUHARAPAN.COM – Partai menjanjikan ketegangan akan hadir dari salah satu laga Perempat Final Piala Dunia 2014 yang mempertemukan kesebelasan tango Argentina dengan tim setan merah Belgia, di Estadio Nacional, Brasillia, Brasil, Sabtu (5/7), pukul 23.00 WIB.

Pertandingan ini akan menyajikan permainan bintang sepak bola kelas dunia. Dari kubu Argentina ada nama Lionel Messi, Gonzalo Higuain, Angel Di Maria, dan Javier Mascherano, sedangkan di barisan Belgia terdapat nama Eden Hazard, Marouane Fellaini, Vincent Kompany, Thibaut Courtois, serta Romelu Lukaku.

Pertandingan ini juga jadi pertemuan kontestan tertua dengan tim termuda kedua pada Piala Dunia tahun ini. Argentina memiliki rata-rata usia pemain 28,92 tahun, sementara Belgia rata-rata usia pemainnya 25,66 tahun.

Argentina Adalah Messi

Argentina adalah Messi, demikianlah beberapa penggemar sepak bola berkata usai melihat pertandingan yang telah dilakoni kesebelasan tango ini di Piala Dunia 2014, meski sang mega bintang menepis anggapan tersebut dengan menyebut dirinya bukan siapa-siapa tanpa rekan setimnya di Argentina.

Memang sepak bola ada permainan tim nan beranggotakan sebelas pemain di atas lapangan, namun fakta perjalanan Argentina di Piala Dunia 2014 membenarkan bahwa strategi yang diterapkan Alejandro Sabella memiliki ketergantungan pada sosok Messi.

Dari empat pertandingan Argentina di turnamen sepak bola terbesar tahun ini, seluruh penghargaan Man of The Match-pemain terbaik dalam satu laga-disematkan pada diri Lionel Messi. Bahkan, dari tujuh gol yang telah diciptakan tim tango, nama Messi menghiasi lima gol. Empat sebagai pencipta gol dan satu sebagai pemberi umpan.

Memang, salah satu kunci permainan Argentina dalam turnamen ini adalah Messi. Sabella meracik strategi Argentina layaknya klub pemain berjuluk La Pulga itu merumput, Barcelona. Dengan formasi 4-3-3, Messi diharap dapat kenyamanan dalam mengatur ritme permainan Argentina.

Namun, terdapat perbedaan mendasar bila Argentina ingin bermain dengan gaya Barcelona, yakni Albiceleste-julukan tim sepak bola Argentina-tidak memiliki lini pertahanan yang baik. Hingga pertandingan 16 besar, mereka belum bertemu tim dengan lini serang baik, Belgia akan menjadi tim pertama yang menguji kemampuan pertahanan Garay cs tersebut.

Akan tetapi, apakah gaya permainan Barcelona masih relevan untuk diduplikasi dunia sepak bola tahun ini? Perlu diingat, pada musim 2013/2014 Barcelona mengalami kegagalan di seluruh turnamen, banyak klub Eropa telah memiliki penawar strategi klub sepak bola asal Catalan tersebut.

Selain itu, peforma tidak sesuai harapan dari Higuain, Palacio, Lavezzi, dan cederanya Aguero, turut menjadi masalah kubu Albiceleste jelang pertarungan dengan Belgia nanti.

Belgia Banyak Alternatif

Berbeda dengan kubu Argentina, kekuatan merata justru lebih ditunjukan Belgia. Tim setan merah ini terus memunculkan pahlawan berbeda Eden Hazard (vs Rusia), Jan Vertonghen (vs Korea Selatan), dan Kevin De Bruyne (vs Aljazair dan Amerika Serikat).

Selain itu anak asuh Marc Wilmots ini juga memiliki alternatif dalam mencetak gol, sebut saja Lukaku, Vertonghen, Dries Martens, Fellaini, hingga penyerang berusia 19 tahun, Origi, menjadi sosok menakutkan bagi lini pertahanan lawan.

Gelandang andalan mereka yang merumput bersama Chelsea, Hazard pun menuturkan keyakinannya dapat memberi kejutan bagi Argentina. Menurutnya, bila setan merah mampu meredam Messi maka Belgia akan menguasai jalannya pertandingan.

Jika kami mampu menghentikan Messi, maka segalanya akan semakin mudah,” ujar Hazard, seperti dilansir dari goal.com, Jumat (4/7).

Messi vs Courtois

Pertandingan Argentina vs Belgia turut menjadi ajang pertemuan Messi dengan Courtois. Kedua pemain ini acap kali berjumpa dalam laga liga Spanyol yang mempertemukan dua klub sepak bola tempat mereka merumput. Messi bersama Barcelona, Courtois dengan Atletico Madrid.

Dari enam pertandingan, Messi gagal membawa timnya memenangkan satu laga pun, Barcelona ditahan imbang lima kali dan menelan satu kekalahan dari Atletico. Selain itu, La Pulga juga gagal merobek jala Atletico yang dikawal Courtois, sepanjang musim lalu.

Kini Messi dan Courtois kembali bertemu, mampukah penjaga gawang Belgia itu mempertahakan gawangnya tetap perawan dari Messi atau justru pemain Argentina nomor punggung sepuluh itu berhasil memecah kebuntuan di gawang Courtois? Jawabannya dapat ditemukan dalam laga Perempat Final Piala Dunia 2014, Sabtu (5/7) pukul 23.00 WIB.

Perkiraan Susunan Pemain (Argentina vs Belgia)

Argentina (4-33): Romero (penjaga gawang), Zabaleta, Garay, Fernandez, Basanta, Gago, Mascherano, Lavezzi, Messi, Di Maria, Higuain

Pelatih: Alejandro Sabella (Argentina)

Belgia (4-3-3): Courtois (penjaga gawang), Kompany, Vertonghen, Van Buyten, Kompany, Alderwireld, De Bruyne, Fellaini, Witsel, Hazard, Lukaku

Pelatih: Marc Wilmots (Belgia)

Prediksi SatuHarapan.com: Argentina 2-3 Belgia

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home