Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:04 WIB | Rabu, 07 Januari 2015

Pertumbuhan Sektor Jasa AS Melambat pada Desember

Seorang pekerja sedang membantu membawakan tas di Waldorf Astoria, New York. (Foto: cnbc.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Sektor jasa dalam perekonomian Amerika Serikat melambat pada Desember dengan terlihatnya penurunan pada aktivitas bisnis, pesanan baru dan harga, menurut survei Institute for Supply Management (ISM) yang dirilis Selasa (6/1).

Indeks pembelian manajer (ISM) untuk sektor jasa, pendorong utama perekonomian, turun ke angka 56,2 dari 59,3 pada November. Angka di atas 50 mengindikasikan pertumbuhan.

Aktivitas bisnis/komponen produksi dari indeks tersebut melambat ke angka 57,2 dari 64,4, dan komponen lain turun ke tingkat yang lebih rendah.

Dua belas industri yang disurvei dilaporkan terus tumbuh, sementara lima industri mencakup seni dan hiburan, pertambangan, jasa pendidikan, transportasi dan pergudangan serta jasa lainnya, mengatakan bahwa bisnisnya mengalami kontraksi.

Beberapa perusahaan terus melaporkan masalah terkait perubahan asuransi kesehatan pemerintah AS, yang disebut reformasi Obamacare.

Namun mereka juga mengatakan bahwa penurunan tajam harga minyak seharusnya bisa membantu ke depannya.

“Harga minyak yang rendah menurunkan ketegangan pada harga grosir (wholesale),” kata salah satu responden dari sektor jasa makanan dan akomodasi, menambahkan, “Obamacare dan upah masih menjadi musuh terbesar bagi profitabilitas.”

Beberapa responden lainnya menyebut kuartal keempat 2014 secara umum kuat, dan memperkirakan kuartal pertama 2015 akan menunjukkan performa baik. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home