Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 10:31 WIB | Minggu, 15 Maret 2015

Pesan Kristen dalam Film Cinderella

Salah satu adgena dalam Cinderella. (Sumber: Walt Disney Studios Motion Pictures)

SATUHARAPAN.COM – Cinderella, film produksi Walt Disney Studios Motion Pictures, mulai diputar di bioskop-bioskop di seluruh dunia. Apa nilai-nilai yang bisa didapat dari film adaptasi kisah rakyat Eropa ini? Jessica Gibson dari Christianity Today menuliskannya bagi Anda.

Saya bukan penggemar film produksi ulang. Saya percaya “Film original pasti lebih baik”. Jadi saya sudah waspada begitu tahu proyek terbaru Disney untuk membuat versi live-action dari film animasi klasik mereka. Film ini berumur panjang dan lama-dicintai. Apakah Disney merusaknya? Cinderella memberikan jawaban yang tidak saya harapkan.

Untuk kreditnya, film ini sangat setia pada plot dan karakter dari film animasi asli produksi 1950. Dengan demikian, film ini tidak memiliki banyak bahan yang dapat digunakan untuk membedakan dirinya. Sang sutradara, Kenneth Branagh dan para produser film berusaha membuat cerita terasa baru lagi. Dan, untuk sebagian besar mereka berhasil. Tapi anehnya, saat-saat terbaik film adalah adegan yang tidak berubah sama sekali. 

Cerita ini, tentu saja, sama: masa kecil Ella yang bahagia sampai kematian ibunya. Di ranjang kematiannya, ibu Ella memberinya pesan yang menjadi tagline sentimental film: “Milikilah keberanian dan kebaikhatian”.

Bertahun-tahun kemudian, Ella (Lily James) dewasa dan ayahnya menikmati hidup tenang sampai ia membuat keputusan yang selalu dipertanyakan. Menikahi wanita terburuk di seluruh planet. Lady Tremaine (Cate Blanchett dalam peran yang terlalu kecil untuknya. Ia adalah pemenang dua piala Oscar) dan dua anak perempuan yang mengerikan itu, Anastasia dan Drisella (Sophia McShera dan Holliday Grainger) membuat rumah Ella menjadi tempat yang kejam. Dia mulai dengan memanipulasi Ella, yang terlalu baik untuk menanggung kesalahan ibunya, memberi kamarnya untuk tiri nya. Ella sang putri berubah menjadi tukang masak dan bersih-bersih. Dan, berita buruk pun mencapai rumah. Sang ayah meninggal di luar negeri. Nasib Ella pun sudah ditetapkan dan cerita merangkak menuju klimaks. 

Pengenalan tokoh memakan waktu hampir 40 menit, tetapi narasi yang dilakukan oleh Helena Bonham Carter (yang memainkan ibu peri) membantu film tetap bergerak. Dan, Lily James berhasil memerankan diri sebagai putri yang layak dicintai: sempurna, menanggung semua cobaan dengan senyum tenang, bahkan bersenandung satu atau dua lagu. Hatinya yang lembut berhasil jika Anda sedang mencari pola dasar dongeng dan bukan kedalaman baru karakter. Hal ini juga membuat sejenak kuat ketika dia sengsara di bawah kekejaman saudara tirinya dan lari dari rumah menunggang kuda berusaha menemukan beberapa jiwanya hilang. Dia malah menemukan pangeran gantinya.

Seperti Ella adalah putri yang sempurna, Kit (Richard Madden) adalah pangeran yang sempurna, dan pertemuan mereka adalah cinta- sempurna-pada-pandangan-pertama. Madden dan James punya ‘ikatan kimia’ yang fantastis. Asmara mereka manis tak berlebihan. Ini muni, cinta sejati, dan mungkin versi yang diperbaiki dari aslinya: pasangan ini benar-benar berbicara satu sama lain. 

Alur lambat dari film ini memberikan Branagh waktu untuk menggambarkan dunia cerita, dan saya menggunakan kata itu dengan sengaja. Apa pun dosa narasi yang Branagh lakukan, ia membuatnya dengan rasa fantastis tentang bagaimana dunia dongeng itu. Cinderella mungkin yang paling indah yang pernah ia buat. Desain produksi untuk film ini benar-benar menakjubkan. Sepertinya, Branagh mengangkat desain langsung dari halaman sebuah buku cerita. Kostum yang dihiasi oleh desain organik yang rumit; set yang dikemas penuh dengan detail yang kaya tetapi tidak pernah mengalihkan perhatian dari cerita; gambar penuh warna extravibrant. Dan, warna biru khususnya menonjol di mana-mana. Anda melihatnya seolah-olah seluruh film hanya menunggu untuk transformasi gaun ajaib itu.

Layak Tonton Bersama Keluarga

Ini layak ditunggu. Desain kostum dan efek khusus datang bersama-sama untuk menciptakan keindahan maksimum gaun biru Ella. Anda tidak akan dapat mengalihkan mata Anda saat adegan menari dengan Pangeran. Momen yang langsung diambil dari referensi aslinya ini adalah bagian terbaik dari film: saat Ella tertawa bersama tikus Gus Gu, Ella berbincang dengan Pangeran di kebun, atau mendengar ucapan Ibu Peri “Bippity, boppity , boo! “atau merasakan tiupan jam menghitung mundur sampai tengah malam saat Ella panik melarikan diri.

Dan tidak ada hanya referensi dengan aslinya; Branagh juga mengambil adaptasi favorit lainnya: percakapan pintar Ella dengan Kit dan adegan dia berjalan pulang di tengah hujan setelah pesta mengingatkan film Ever After. Cuplikan musik dari Rodgers dan Hammerstein juga mengesankan, termasuk nama Kit dan cara pencanang kota melakukan panggilan “Dengarlah, dengarkan!” Dengan irama yang sama seperti juru siar dalam lagu, “The Prince Is Giving a Ball.” 

Itulah perbedaan film in dengan yang lain. Tapi film mencoba terlalu keras untuk hal-hal lain juga. Ini penuh momen penghargaan besar, tapi mereka merusak pernyataan moral dengan upaya lemah sentimentil. “Milikilah keberanian dan kebaikhatian” akan kuat jika tidak digabung dengan “Saya percaya dalam segalanya,” dan “Hanya karena itu dilakukan bukan berarti itu yang harus dilakukan.” Sentimen alami film ini terletak pada nostalgianya untuk cerita itu sendiri, dan saya tidak berpikir para pembuat film menyadari bahwa akan cukup, dan bahkan mungkin kejutan yang menyenangkan, bagi penonton.

Aku senang dengan Cinderella. Saya kira keluarga-keluarga juga, jika mereka datang bersemangat untuk aspek film yang manis dan bukan versi baru. 

Satu-satunya sumber konten yang tidak nyaman adalah kelakuan Lady Tremaine dan saudara-saudara tiri Ella. Mereka mengadakan pesta di rumah Ella pada malam pertama mereka di sana untuk berjudi dengan teman-teman. Lady Tremaine ditampilkan menenggak beberapa minuman keras. Mereka bertiga sangat kejam terhadap Ella, tapi itu hampir seluruhnya verbal dan emosional: kekasaran, nama-panggilan, bergosip di belakang punggungnya. Mereka merobek baju pesta pertama Ella tapi tidak ada cara kekerasan secara fisik. Lady Tremaine mengatakan beberapa hal menyakitkan Ella tentang tempatnya dalam rumah tangga mereka.

Ada beberapa sulit dipahami anak-anak: orang tua Ella dan ayah Kit mati, adegan menjelang kematian ibu Ella dan raja yang menyentuh. Tidak ada kata-kata. Ella berdansa dengan Kit, tetapi dansa itu sendiri jauh dari kesan sensual. Satu-satunya ciuman terlihat murni, jenis cinta sejati.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home