Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:57 WIB | Minggu, 27 Oktober 2013

Peserta Minta Persiapan Jakarta Marathon Lebih Baik, Jokowi akan Evaluasi

Foto: beritajakarta.com

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Para peserta yang mengikuti lomba lari internasional Jakarta Marathon 2013 meminta persiapan perhelatan tersebut dilakukan lebih baik apabila kembali diadakan pada 2014.

Agung (42), salah satu peserta, saat ditemui usai mengikuti Jakarta Marathon 2013 di Jakarta, Minggu, mengatakan persiapan untuk ajang olahraga internasional tersebut masih kurang.

"Pelaksanaannya oke, tapi persiapannya masih kurang," katanya.

Dia menyebutkan kekurangan persiapan tersebut, seperti konfirmasi dari panitia untuk bisa mengikuti lomba tersebut cukup lama.

"Berdasarkan pendaftaran secara online itu, kita menunggu hingga satu minggu baru ada konfirmasi bisa mengikuti. Biasanya, di ajang maraton yang lain paling hanya satu jam," katanya.

Agung yang berprofesi sebagai karyawan di Tebet, Jakarta Selatan, menambahkan kekurangan persiapan tersebut juga terlihat dari antrean yang cukup panjang untuk mengambil "restpack" atau tas yang berisi perlengkapan lari.

"Peserta menunggu sampai pukul 3 (dini hari, Red), padahal besoknya `kan sudah mau lari. Kita juga `kan enggak enak sama peserta internasional yang sudah jauh-jauh daftar," kata pria yang mengaku juga akan mengikuti maraton di Singapura, 2 Desember mendatang.

Meski demikian, dia mengaku pelaksanaan Jakarta Marathon cukup meriah dengan banyak peserta yang ikut berpartisipasi.

Dia juga menyatakan siap mengikuti lagi ajang lari internasional yang pertama kali diselenggarakan di Jakarta pada 2013 itu.

Agung datang bersama ketiga temannya, yakni Ade Rahmat (52), Jani Panjaitan (52), dan Mahogani Siahaan (52) yang juga ikut berlari pada lomba yang memiliki total rute 42,195 kilometer tersebut.

Pada usia yang menginjak paruh baya, Ade, Rahmat, dan Mahogani berhasil menempuh garis finish, berlari hingga 21 kilometer dan berhasil meraih medali. 

Jakarta Marathon 2013 juga diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Jakarta Marathon 2013 dimulai sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, sehingga sejumlah rute kendaraan dialihkan serta beberapa koridor Transjakarta ditunda beroperasi hingga perhelatan tersebut selesai.

Pemprov akan Evaluasi

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku segera melakukan evaluasi, agar penyelenggaraannya di tahun-tahun yang akan datang akan lebih sukses dan meriah. 

"Event seperti ini, saya kira bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan Jakarta. Terutama sebagai kota pariwisata melalui penyelenggaraan kegiatan olahraga," ujar Jokowi di sela-sela acara Jakarta Marathon, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (27/10).

Jokowi mengatakan, evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh terhadap jalannya acara. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak. Jika hasilnya baik, maka tahun depan akan diadakan acara serupa yang lebih besar lagi.

"Nanti dievaluasi lah, panitia akan memberikan masukan-masukan. Dikoreksi kalau memang bagus. Nanti tahun depan digedein lagi, jumlah pesertanya lebih banyak," kata Jokowi. (Ant/beritajakarta.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home